MAGELANG - Letak geografis wilayah Kecamatan Windusari yang berada di lereng gunung sumbing merupakan daerah yang berada di ketinggian dan dikelilingi perbukitan dengan jenis tanah gembur dan subur serta mudah diolah untuk di jadikan lahan pertanian, namun selain tanah yang subur dengan kondisi tanah yang berbukit dan banya lereng - lereng di saat musim dengan curah hujan yang tinggi seperti saat ini akan rentan dengan ancaman longsor. selasa (19/03)

Untuk mencegah terjadinya bencana longsor di daerah tersebut,  perangkat Desa Windusari dengan dibantu Danramil dan anggotanya melakukan kegiatan penanaman tanaman rumput vetiver di dusun Ngadigunung desa windusari kecamatan windusari, yang merupakan darah rentan terjadinya tanah longsor.

Rumput vetiver merupakan sejenis rumput-rumputan berukuran besar dan memiliki banyak keistimewaan. Tanaman ini di Indonesia dikenal dengan nama akar wangi (Vetiveria zizanioides) atau usar (Vetiver nigritana), dapat tumbuh diberbagai bentuk kondisi tanah; areal perbukitan, dataran rendah, daerah rawa dan bahkan pada areal bekas tambang. Selanjutnya tanaman ini tumbuh tegak dengan tinggi mencapai 1,5 hingga 2,5 meter serta dapat tumbuh di daerah dengan curah hujan rendah maupun daerah yang curah hujan cukup tinggi.

Danramil 04/Windusari Kodim 0705 /Magelang Kapten Infanteri Adi Sanyoto mengatakan rumput Vetiver memiliki daya tahan hidup yang cukup tinggi. Tanaman ini sangat efektif digunakan untuk menahan tanah dan mengontrol erosi, praktis untuk ditanam, mudah dipelihara, tidak mahal, serta dapat digunakan dalam kegiatan rehabilitasi lahan. Tanaman ini sangat cocok di tanam di daerah tebing dan kelerengan.

Salamun selaku perangkat desa  windusari sangat mengapresiasi kegiatan penghijauan yang di lasanakan dengan melibatkan TNI tersebut "Kami selaku masarakat sangat berterimakasih kepada TNI khususnya koramil windusari yang telah mau berbaur dengan warga ikut membantu dan bersusah payah menyusuri tebing guna melaksanakan penghijauan, hal ini menunjukan bahwa TNI memang benar-benar dekat dengan masarakat dan selalu ikut dalam mengatasi kesulitan rakyatnya" ucapnya (rny)
 
Top