N3 Limapuluh Kota - Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi didampingi ketua tim penggerak PKK Limapuluh Kota, Ny Monalisa membuka pencanangan bulan Bhakti Dasawisma tahun 2019 tingkat kabupaten Limapuluh Kota, di lapangan Bola Kaki, Simpang Sugiran, Kecamatan Guguak, Rabu (20/3)

Dalam sambutannya, Irfendi Arbi mengharapkan seluruh kader TP-PKK di Limapuluh Kota terus mengembangkan daya kreatifitas, dan mampu menciptakan inovasi agar upaya dasawisma yang lebih baik dapat segera terwujud di Kabupaten Limapuluh Kota.

"Jadikanlah, pencanangan bulan Bhakti Dasawisma ini sebagai tolak ukur dalam meningkatkan peran fungsi keluarga mewujudkan kabupaten Limapuluh Kota yang sejahtera dan dinamis berlandaskan iman dan taqwa,"ujarnya.

Menurutnya, PKK memiliki peran dalam membantu kelancaran pemerintah daerah meningkatkan kesejahteraan keluarga, seperti program pengentasan kemiskinan, dan pemberdayaan masyarakat.

“Sebagai mitra yang mempunyai peran strategis, kita harapkan seluruh kelompok dasawisma di Limapuluh Kota  meningkatkan perannya dalam mewujudkan kualitas dan kesejahteraan masyarakat,"ujarnya.

Sementara itu, ketua tim penggerak PKK Limapuluh Kota, Monalisa dalam sambutannya mengatakan melalui bulan bhakti dasawisma diharapkan dapat meningkatkan sumberdaya kader PKK terutama dalam pemahaman pencatatan data yang dilakukan, karena dasawisma merupakan unjung tombak PKK.

"Peran Dasawisma sebagai unit terkecil PKK diharapkan dapat menggugah masyarakat agar termotifasi untuk selalu dinamis, mau merubah keadaan kepada yang lebih maju,"ujarnya.

Menurutnya, untuk membuat dasawisma dapat berkembang dan maju dengan baik butuh dukungan semua pihak, baik dari pemerintah daerah, tokoh masyarakat , alim ulama, cerdik pandai, bundo kanduang dan semua elemen ditengah masyarakat.

Dikarenakan, TP-PKK merupakan mitra kerja pemerintah bila dilihat dari sasaran tujuan karena 10 program pokok PKK pada prinsipnya sudah mencakup seluruh aspek kehidupan keluarga.

"Setelah pencanangan bulan bhakti dasawisma ini diharapkan semua kelompok dasawisma yang ada semakin mampu bersinergi dan bekerjasama dengan dinas, instansi, dan lembaga pemberdayaan masyarakat setempat,"pungkasnya.

Pada kegiatan ini, ikut hadir kepala-kepala OPD, pengurus TP-PKK Limapuluh Kota, camat se kabupaten Limapuluh Kota, serta  walinagari se Kacamatan Guguak serta masyarakat nagari Simpang Sugiran. (Rahmat Sitepu)
 
Top