Baznas Kabupaten Pasaman Luncurkan Zakat Produktif



Lubuksikaping - nusantaranews.net,
Bupati Kabupaten Pasaman, H.Yusuf Lubis SH.M.si yang didampingi oleh Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman, H.Syafrizal SF. SIQ.S.ag.M.M.Pd launching zakat produktif untuk 500 Usaha Kecil Menengah (UKM) di daerah itu Jum'at
{ 15/3 }

Zakat produktif tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Pasaman, Yusuf Lubis, yang didampingi oleh sejumlah Pengurus Baznas Kabuapaten Pasaman, Forkopimda,OPD, KakanKemenag Kabupaten Pasaman ,Camat Lubuk Sikaping dan wali Nagari se Kecamatan Lubuk Sikaping.


Sebanyak 500.an pedagang kaki lima dan keliling se Kabupaten Pasaman, diberikan bantuan modal usaha untuk kelangsungan usaha yang dimiliki, kata Ketua Baznas Kabupaten Pasaman, H Syafrizal.

Penyerahan bantuan modal usaha itu dipusatkan di Masjid Taqwa Taluak Ambun, Nagari Pauh, Kecamatan Lubuksikaping. Bantuan modal usaha untuk UKM dari Baznas ini bervariatif. Nominalnya mulai dari Rp500 ribu hingga Rp2 juta.

"Jumlahnya bervariasi, ada yang Rp500 ribu hingga Rp2 juta untuk satu orang pedagang. Tergantung dari jenis usahanya itu apa," ucap Syafrizal.

Untuk Tahun 2019 ini,  kata Syafrizal, penyaluran Zakat oleh Baznas lebih diorientasikan kepada Zakat produktif, dalam bentuk bantuan modal usaha bagi para pemilik usaha kecil menengah.

Ketika dikonfirmasi nusantaranews.net, 
Buya Syafrizal lebih lanjut mengatakan,
"Target kita tahun ini, orientasinya zakat Produktif. Sebab, untuk zakat Konsumtif sudah 11 ribu orang Mustahik yang dibantu oleh Baznas sepanjang Tahun 2017 lalu," katanya.

Bupati Pasaman Yusuf Lubis mengapresiasi upaya Baznas setempat dalam melakukan pengentasan kemiskinan malalui penyaluran Zakat kepada masyarakat kurang mampu.

"Zakat Produktif ini bukan untuk dihabiskan, melainkan harus dikembangkan. Dikelola dengan baik, Agar usaha kecil bisa tumbuh menjadi besar. Untuk itu, Saya mengapresiasi upaya Baznas ini," katanya. { In Psm }
Previous Post Next Post