Tanah Datar, nusantaranews.net,-     Wakil Bubupi Tanah Datar Provinsi Sumbar meminta kepada wali nagari dan tim dalam mengusulkan rencana pembangunan nagari haruslah yang benar–benar prioritas dan usulan tersebut juga harus berbanding lurus dengan visi dan misi bupati dan wakil bupati, jika tidak usulan tersebut sudah tentu akan ditinjau ulang kembali. Ini disampaikan langsung oleh Wabup Zuldafri darma saat menghadiri musawarah rencana pembangunan Nagari Limo Kaum pada selasa (12/02)
Wabup juga mengatakan bahwa setiap program dan kegiatan yang disusun dinagari harus menunjang RPJMD kabupaten Tanah Datar.

“Ini perlu saya sampaikan, karena proses dan tahapan-tahapan musrenbang berikutnya masih panjang. Untuk itu jangan sampai terjadi usulan-usulan yang tidak singkron dengan visi dan misi kita,” pungkasnya
Pada kesempatan itu wabup Zuldafri Darma juga mengapresiasi kinerja wali nagari Limo Kaum yang setiap tahunnya mampu melakukan perencanaan pembangunan dengan baik sehingga bisa terus menekan besaran SiLPA nagari. “Ini membuktikan bahwa perencanaan anggaran nagari Limo Kaum dapat dilaksanakan dengan baik serta mendapat dukungan dari semua pihak,” tambahnya.
Sementara wali nagari Limo Kaum Gusrial, dalam laporannya menyampaikan bahwa pada tahun 2018 lalu dari anggaran nagari sebesar 4,9 milyar lebih terjadi SiLPA anggaran nagari sebesar Rp815.348.377 (delapan ratus limabelas juta tiga ratus empat puluh delapan ribu tiga ratus tujuh puluh tujuh rupiah). “Ini telah terjadi penurunan dari tahun sebelumnya, dan kami akan terus berupaya menyusun rencana anggaran sebaik mungkin sehingga program yang sudah tersusun dan terencana bisa dijalankan dengan baik dan maksimal,” kata Gusrial.
Gusrial juga mengatakan bahwa arah pembangunan nagari Limo Kaum pada tahun 2020 mendatang, Nagari Limo Kaum menitik beratkan pada pemberdayaan masyarakat dan penguatan Bumnag. Ini diharapkan bisa meningkatkan usaha mikro masyarakat. Selain itu juga pembangunan infrastruktur dengan melibatkan SDM nagari serta pembangunan ekonomi berdasarkan budaya.
Sementara wakil ketua DPRD Tanah Datar Irman yang juga hadir mengatakan bahwa musrenbang merupakan ajang untuk menjaring aspirasi masyarakat untuk dibawa ketingkat yang lebih tinggi dengan mengutamakan prioritas pembangunan. Mengapa ada prioritas pembangunan ? hal ini karena anggarang yang kita miliki sangat terbatar, ujar Irman.
Musrenbang nagari Limo Kaum tersebut juga dihadiri oleh 2 orang anggota DPRD Tanah Datar Dapil IV, ketua tim pendamping musrenbang kabupaten Alfian Zamra beserta anggota, Camat Lima Kaum beserta Forkompimca, Kepala Jorong se-nagari Limo Kaum dan undangan lainnya. **elpis/hp
 
Top