Kadis Kominfo : Karena Tuntuan Undang Undang Harus Siap

Tanah Datar, nusantaranews.net,-   Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melalui Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) adakan sosialisasi Pemanfaatan Sertifikasi Elektronik dan Tanda Tangan Digital yang dipaparkan Kasi Pemenuhan Teknis Sitem SrE Balai Sertifikasi Elektronik BSSN Eko Yon Handri.

Dalam paparan yang disampaikannya dihadapan Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Sekda Hardiman, Asisten Sekretariat Daerah, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan jajaran ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, instansi vertikal dan camat ini, dikatakannya bahwa ini tujuanya adalah dalam rangka era digital dan menciptakan kabupaten pintar.

"Selain itu dengan berkembangnya Informasi Teknologi (Iptek) saat ini, maka sandi dan siber merupakan hal yang tidak terpisahkan satu dengan lainnya dalam memberikan jaminan keamanan informasi. Dan ini juga didukung Perpres Nomor 53 Tahun 2017 pasal 2 ayat 2 dan terakhir dirobah dengan Pepres Nomor 133 Tahun 2017 yang mana BSSN mempunyai tugas melaksanakan keamanan siber secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan, mengembangkan dan mengonsolidasikan semua unsur yang terkait dengan keamanan siber", katanya.

Dari penerapan sistim ini Yon sebutkan jika kedepan akan menjadikan proses administrasi surat menyurat yang biasanya secara manual akan beralih sepenuhnya dengan sistem elektronik. Sementara segi keuntungan dia katakan akan dapat menghemat kertas atau paperless karena semua persuratan diproses secara elektronik. Dapat menghemat waktu karena proses disposisi dan tanda tangan surat dapat dilakukan dimana saja tanpa harus berada dikantor selama perangkat terhubung dengan jaringan internet dan aplikasi yang sudah terinstal di perangkat.

Sebelumnya Bupati Irdinansyah Tarmizi menanggapi hal ini dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada BSSN yang melakukan sosialisasi, karena sertifikasi elektronik yang memuat tanda tangan digital di dalam penggunaannya belakangan ini menjadi populer namun masih banyak orang atau instansi yang belum memahami secara jelas dan butuh hakekat, fungsi dan keamanannya apalagi memasuki dunia maya.

Bupati berharap dari sosialisasi ini nanti aplikasi sertifikat elektronik dan tanda tangan digital dapat dilaksanakan kepada perangkat daerah dilingkungan pemkab Tanah Datar. "Karena ini akan mengefesiensi waktu, biaya dan tenaga," ucapnya.

Kepala dinas Komunikasi dan Informatika Tanah Datar Abrar, saat dikonfirmasi soal kesiapan pemkab dengan aplikasi dan sistem tanda tangan digital secara elektronik ini, mengatakan, "siap tidak siap, kita daerah harus siap karena ini sudah tuntutan undang-undang,"katanya.

"Secara aplikasi kita dinas Kominfo sudah siapkan, apakah itu sipintar, ataupun aplikasi perkantoran dan sosialisasi ini bertujuan untuk kesiapan kita dalam menghadapi era teknologi. Kedepan kita akan tanda tangani kerja sama dengan BSSN, dan setelah selesai dan aplikasi kita disetujui maka kita akan terapkan sistim tanda tangan secara digital ini," pungkasnya. 

*irfan/elpiss*
Previous Post Next Post