Untuk memberi pemahaman dan menambah wawasan pengetahuan terhadap nilai sejarah dan kebudayaan kepada siswa, Kepala Sekolah SD Negeri 37 komplek Alang Lawas Koto Kota Padang diwakili wali kelas 2, mengajak murid-muridnya untuk mengunjungi gedung Museum Adityawarman (Taman Melati) yang terletak di jalan Diponegoro Kota Padang. 

Pagi ini terasa indah, para murid yang didampingi orangtuanya, pun turut bergembira. Dari wajah mereka, terpancar keakraban satu sama lain. Hal ini ditambah dengan usapan cahaya Matahari kuning keemasan membawa kehangatan, menghidupkan kembali rumput-rumput yang hampir lumpuh oleh embun, disaat langkah kaki mereka mulai memasuki halaman pekarangan gedung Museum Adityawarman.

Dikesempatan itu, Wali kelas 2 buk Santi menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan program kegiatan pembelajaran ditempat wisata bagi siswa, dalam rangka untuk menyegarkan sel-sel otak mereka, yang mungkin terasa jenuh dengan kegiatan rutinitas proses belajar didalam ruangan. 

Untuk itu, maka diperlukan penyegaran terhadap proses belajar mereka diluar ruangan, agar semangat belajar mereka lebih meningkat lagi. Salah satunya dengan membawa mereka belajar memahami sejarah dan alat-alat tradisional budaya Indonesia yang ada di Museum Adityawarman.

Karena, melalui kegiatan ini banyak hal yang dapat mereka dapatkan, seperti para siswa bisa mengenal dan mulai memahami secara langsung bentuk benda-benda pusaka, pakaian tradisional dan nilai sejarah yang  terkandung didalamnya.

Mudah-mudahan keinginan dan harapan kami dari pihak sekolah terhadap peserta didik, dapat tercapai sesuai dengan harapan, ucap Santi mengakhiri.

 
Top