drg.Ibnu Idham
N3,Sarolangun, - Banyak permasalahan yang timbul jika kurang memperhatikan kesehatan gigi dan gusi, seperti terjadinya gigi retak dan berlubang, mengalami sakit pada gusi dan bisa terjadi infeksi disebabkan oleh bakteri maupun virus. Tentunya memperngaruhi kesehatan mulut dapat berimbas pada kesehatan tubuh secara keseluruhan dan berdampak pula pada terganggunya kualitas hidup seseorang. Menjaga kebersihan gigi dan mulut setiap harinya merupakan tindakan pencegahan paling utama terhadap kerusakan permanen yang berkaitan dengan karies gigi dan penyakit periodontal. Untuk itu dokter menyarankam menjaga kesehatan gigi dan mulut hukumnya wajib dan pemeriksaan dilakukan 2 kali dalam setahun.

Saat diwawancarai drg.Ibnu Idham yang paginya bertugas di RSUD Sarolangun Kesehatan gigi dan mulut sangat penting dan jangan sampai dinomor duakan,

“ Kita harus gencar melakukan sosialisasi tentang perlunya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Hal itu menjaga supaya sedini mungkin mencegah terjadinya infeksi pada mulut. Saya menghimbanu kepada masyarakat supaya memeriksakan gigi dan mulut 1 kali dalam 6 bulan atau 2 kali dalam wajib hukumnya “. Jelas dr.Ibnu Idham.

Mulut merupakan lingkungan sangat cocok untuk pertumbuhan bakteri dan gigi memberikan tempat pada bakteri untuk menempel dan mengeras, maka akan terbentuk plak (karang gigi) yang dapat menyebabkan peradangan gusi (gingivitis) dan pendarahan.

dr. Ibnu juga menambahkan, peringatakan untuk menjaga sedini mungkin harus dilakukan dengan cara melakukan sosilaisasi kesekolah sekolah hal itu selaras dengan program pemerintah daerah kabupaten sarolangun dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat,

“ Kita harus melakukan deteksi kesehatan gigi secara dini dilakukan pemeriksaan apakah ada kerusakan pada gigi pemeriksaan itu dilakukan ke dokter, tempat berobat atau puskesmas. Dan kita tak bosan bosannya untuk memberikan peringatan secara dini tentang pentingnya menjaga kesehatan terutama pada anak anak dan juga orang tua supaya dalam kesehatan gigi dan mulut dilakukan gosok gigi yang teratur dan setelah menggosok gigi jangan makan atau minum yang manis manis agar gigi dan mulut tetap terjaga kesehatannya dengan baik “. Terangnya.

Terjadi infeksi pada gigi yang menimbulkan bakteri dapat menimbulkan pengaruh atau efek jika terjadi penyakit lain pada individu seseorang diantaranya penyakit Diabetes, jantung, leukemia, asam lambung dan penyakit crohn.(nal)
 
Top