Meraih Mutu, Tingkat Kepatuhan Harus Ditegakkan

dr.Irwan Miswar,M.KM
Direktur RSUD Prof.DR.H.M. Chatib Quzwein Sarolangun.
(Photo/nal)
N3,Sarolangun, Menuju Akreditasi Paripurna RSUD Sarolangun tengah melakukan upaya dalam meningkatkan mutu dan kualitas rumah sakit dengan membangun manajerial, mengorganisasi kualitas, menggontrol kualitas, mengendalikan dan mengevaluasi kualitas dilakukan oleh setiap anggota manajemen yang ada. Upaya membangun mutu dalam meningkatkan kinerja atau kualitas kerja  secara menyeluruh meliputi sistem, manusia dan manajemen.

Sedangkan Kualitas mutu merupakan proses sistematis yang menerjemahkan kebijakan kualitas ketujuan terukur dan persyaratan, serta menetapkan urutan langkah-langkah untuk mewujudkan keberhasilan dalam jangka waktu tentunya berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP).

“ Meraih mutu, tingkat kepatuhan harus ditegakkan. Tentunya, kinerja harus dijalani sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP). Dalam pelaksanaan meningkatkan kinerja rumah sakit harus didukung dari berbagai aspek seperti pasilitas rumah sakit yang memadai, kualitas SDM dan kuantintas . Jika semua itu terpenuhi, rumah sakit dalam menyelenggarakan pelayanan pasien dilingkungan rumah sakit yang tidak memiliki risiko atau mengancam keselamatan pasien serta kesehatan masyarakat ataupun keselamatan staf (SNARS) akan terlaksana dengan baik sesuai harapan yang ada “. Kata dr.Irwan Miswar, M.KM Dirut RSUD Sarolangun.
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sarolangun, yang kini fokus menuju akreditasi paripurna harus mengikuti berbagai tahapan sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Standar Nasional Rumah Sakit (SNARS) Dan persyaratan yang mengharuskan rumah sakit untuk memenuhi semua persyaratan informasi dan data kepada Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) sesuai SNARS.
“ Kita sekarang tengah menghadapi proses menuju akreditasi paripurna. Ada beberapa pase tertentu yang harus kita jalani diantaranya, regulasi, dokumen, Observasi, Simulasi dan wawancara “. Terang Dirut RSUD Sarolangun.
Dirut RSUD juga menjelas, bahwa peran pimpinan rumah sakit dalam meningkatkan kinerja pegawai seperti membimbing, mengarahkan, menggerakan pegawai dalam penyelesaian pekerjaan serta bertanggung jawab kepada pekerjaan,
“ Bimbingan kita kepada pegawai guna meningkat kualitas , kuantitas dan penyelesaian pekerjaan yang baik dan benar tentunya sesuai SOP . Jadi sebelum kita mengimplementasikannya diperlukan sebuah konsep untuk mengetahui tingkatan kualitas mutu yang berstandar “. Tandasnya. (nal)
Previous Post Next Post