Kepala Sekolah Defi Marlitra : SMPN 1 Payakumbuh Sudah Laksanakan Try Out 2 Kali

N3 Payakumbuh - Tak lama lagi, pada 22 sampai 25 April 2019 seluruh Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama di Indonesia akan melaksanakan yang namanya Ujian Nasional, sama seperti tahun sebelumnya, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) masih diterapkan.
Salahsatu sekolah di Kota Payakumbuh misalnya, jumlah siswa di SMPN 1 Payakumbuh yang ikut UN pada tahun 2019 ini berjumlah 326, jumlahnya masih sama dengan tahun 2018 kemaren.
Sesuai dengan hasil yang sudah ditetapkan majelis guru, SMPN 1 Payakumbuh akan melakukan 3 kali Try Out ditambah dengan 2 kali Pra UN.
Sebagai informasi, SMPN 1 Payakumbuh merupakan sekolah pertama di Kota Payakumbuh yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sejak diterapkan oleh pemerintah.
Defi Marlitra sudah berikan instruksi kepada wali kelas dan guru mata pelajaran untuk memberikan laporan kepada walimurid setiap hasil T.O keluar.
“Setelah TO diperiksa dan di analisis, hasilnya disampaikan kepada orang tua, dan akan kita jadikan bahan remedial, setelah dilakukan remedial maka akan dilanjutkan dengan TO ulang sampai semua Kompetensi Dasar yang akan dicapai oleh anak didik menjadi tuntas,” ujarnya.
Ditambahkannya TO pertama sudah dilaksanakan pada Desember 2018 lalu, dan yang kedua sudah dilaksanakan pada 5 Februari 2019, dan rencananya Pra UN akan dilaksanakan pada 18 Februari 2019, dan TO ketiga akan dilaksanakan pada bulan Maret atau April mendatang melihat kondisi.
Sekolah yang sudah ternama sebagai sekolah terbaik di Kota Payakumbuh ini menurut Defi Marlitra, sistem zonasi yang ditetapkan membuat dirinya semakin dituntut untuk bekerja ekstra keras guna meningkatkan mutu kualitas pendidikan di sekolah yang dipimpinnya sekarang.
“Malahan dulu ketika saya jadi Kepala Sekolah di SMPN 4 Payakumbuh, belum ada sistem zonasi di kementerian pada tahun 2017, saya sudah lebih dahulu menerapkan sistem zonasi sejak 2014, dan mengetahui hal ini, tulisan saya dibawa oleh walikota ke pemerintah pusat, jadi saya optimis sebagai kepala sekolah bisa meningkatkan kualitas pendidikan di SMPN1 Payakumbuh,” ujar Pak It, panggilan akrab Defi Marlitra.
Selaku Kepala Sekolah, Defi Marlitra berpesan kepada orang tua siswa agar ikut memantau persiapan anak dalam menghadapi kegiatan yang akan dilaksanakan sekolah, baik dalam menghadapi ujian Try Out dan Pra UN, maupun diwaktu UNBK khususnya.
Kita berharap orang tua siswa ikut pro aktif untuk mengawasi pola belajar anak, jam belajar anak lebih di kontrol, dan mohon sering berdiskusi dengan anak perihal mata pelajaran di sekolah,” pungkasnya. (Rahmat Sitepu) 
Previous Post Next Post