N3 Payakumbuh - Usai diberi tanggul oleh Dinas PUPR Kota Payakumbuh, Sungai Batang Sikali di Kelurahan Padang Karambia Kecamatan Payakumbuh Selatan ditebari 20 ribu bibit ikan. Bibit bantuan berasal dari Forum Ikan (Forikan) Sumbar dan Forikan Kota Payakumbuh.
Penyebaran bibit ikan dilakukan pada Jumat (22/02) sore. Hadir langsung Ketua Forikan Sumbar, Nevi Zuairina Irwan Prayitno. Turut hadir Asisten II Setdaprov. Benny Warlis, Wakil Ketua PKK Kota Payakumbuh, Machdalena Erwin Yunaz, Camat Payakumbuh Selatan Junaidi dan sejumlah pimpinan perangkat daerah.
Ketua Forikan Sumbar, Nevi Irwan Prayitno mengatakan penyebaran ikan di Batang Sikali merupakan misi mencerdasan anak bangsa. Dikatakan, minyak nabati pada ikan mampu mendongkrak peningkatan inteligensi.
“Semoga ikan yang disebar ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Payakumbuh. Saat panen nanti, bisa memenuhi asupan nutrisi dan nabati,” kata Nevi Zuairina.
Bibit ikan yang disebar adalah ikan Nila dan ikan Rayo. Kedua jenis ikan air tawar ini bisa dipanen dalam jangka waktu 3 bulan. Saat panen, rata-rata setiap ikan bisa mencapai 3000-500 gram.
“Jadi masyarakat 3 bulan nanti bisa panen besar. Karena ikan-ikan ini cukup besar,” kata Nevi.
Ketua Kelompok Pengawas Masyarakat yang menjadi pengelola, Fuad mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Forikan Sumbar dan Kota Payakumbuh.
“Ini sangat membantu sekali untuk masyarakat. Semoga hasilnya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Payakumbuh Selatan ini,” kata Fuad. (Rel/Rahmat Sitepu)
 
Top