N3 MENTAWAI- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten kepulauan Mentawai menggelar Serah Terima Jabatan (Sertijab) kepada Kepala Puskesmas (Kapus) Mapaddegat Lama Marinus dan Kapus Baru Steffanie Ribkha Euodia. Jumat, (8/2) di Aula Puskesmas Mapaddegat, Desa Tuapejat, kecamatan Sipora utara, kabupaten kepulauan Mentawai.

Kepala Dinkes Lahmuddin Siregar menghimbau kepada Kapus baru agar melanjutkan Program yang telah ada, meningkatkan pelayanan kususnya di Kecamatan Sipora utara. Serta mewujudkan Puskesmas Pariwisata. 

“ Membangun kegiatan kesehatan berbasis Komunitas di sekolah, perkantoran kemudian mewujudkan keluarga yang sehat. Apalagi saat ini kita sudah terakriditasi dasar, dan mari kita tingkatkan ke Madiah, Paripurna dan sebagainya. “ katanya. 

Ia menambahkan, Puskesmas Mapaddegat sebagai Puskesmas Ibu Kota Kabupaten tentu Perlu keseriusan untuk mewujudkan kesehatan yang lebih baik. Tentunya itu di mulai dari Komunikasi di tingkat desa dan dusun dalam menjalin kerjasama dalam pelayanan kesehatan Masyarakat.

“ Mulai dari perbaikan pelayanan di Desa-desa, Puskesmas. Serta membangun komunikasi dengan kepala Desa, Dusun. Karena melalui ADD dapat membantu pelayanan kesehatan. “ terangnya.

Kepala Puskesmas Mapaddegat Steffanie Ribkha Euodia mengatakan, untuk kedepannya tetap menjalankan Program yang sudah ada Salah satunya Puskesmas Pariwisata. Apalagi katanya Mapaddegat adalah sebuah wilayah Pariwisata melalui 5S yang perlu dukungan bersama.

“ Puskesmas Mapaddegat menjadi Puskesmas Pariwisata sudah menjadi Komitmen kita, tentunya kita mempelajari Karakter Pariwisata ini seperti apa? Bukan hanya Program saja yang kita jalankan tapi masih ada program Inovatif yang harus kita kembangkan. “ ungkap Fani. 

Selanjutnya ia katakan Komunikasi kedepan perlu dijalin secara Struktural agar berjalannya program dengan baik. “ kerja sama dan Inovatif sangat penting guna menjalankan Program kita menjadi Baik. Kemudian perlunya Loyalitas dalam pekerjaan. “ Pungkasnya Kapus yang sebelumnya di Puskesmas Peipei, kecamatan Siberut barat daya itu. 

Sementara Kapus Mapaddegat lama Marinus yang saat ini telah berstatus menjadi Kepala Puskesmas Muara Siberut Selatan mengatakan, kepada Staf yang di tinggalkan agar tetap selalu semangat dan berjuang kedepannya. Apalagi Puskesmas Madegat di katakan sudah terakridetasi.

“ Semoga Akriditasi 3 tahun kedepan Puskesmas Mapaddegat menjadi lebih baik lagi. Apabila ada kekurangan yang kita kerjakan selama ini saya banyak mengucapkan maaf. “ katanya.

Pada kesempatan itu turut hadir Staf Dinkes, perwakilan Camat Sipora utara, Kapala Desa, dan Dokter serta Staf Puskesmas Mapaddegat. (Jai)
 
Top