Babinsa Pakis Dampingi Petani Merawat Benih Tanaman Padi

MAGELANG, --- Persemaian merupakan hal penting dalam dalam pertanian, termasuk budidaya tanaman padi. Beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman terletak pada persemaian yang di persiapkan yaitu penyiapan lahan semai, jenis tanaman serta varietas tanaman yang tentu harus unggul dan bagus untuk di tanam dan juga dalam segi perawatan.

Pada budidaya padi, benih padi yang bagus atau varietas yang unggul cenderung lebih tahan terhadap hama dan penyakit, pertumbuhan yang bagus, waktu panen lebih singkat dan hasilnya memuaskan atau mencapai hasil yang optimal.
Dalam bidang ini Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 08/Pakis Kodim 0705/Magelang Pelda Sarbini bersinergi dengan PPL setempat terus berupaya memberikan pendampingan kepada petani diwilayah binaannya. Senin (18/2).

“Kali ini kita bantu merawat bibit tanaman padi varietas IR 64 milik Siswadi, anggota kelompok tani Sumber Mawar Dusun Pakis Kulon yang terletak di Desa Pakis Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang” ujarnya.

Pendampingan ini sebagai salah satu bentuk tugas pendampingan dalam rangka upaya khusus swasembada pangan yang dilakukan oleh Babinsa kepada petani dan memberikan motivasi, bahwa Babinsa setiap saat siap membantu memberikan pendampingan terhadap kelompok tani demi meningkatkan hasil panen untuk kesejahteraan petani.

“Di lapangan kita diharapkan bisa memberi contoh serta memberikan dorongan semangat kepada Kelompok Tani untuk bercocok tanam, percepatan masa tanam secara otomatis masa panen pun akan lebih awal, sehingga untuk masa tanam berikutnya nanti tidak ada keterlambatan”  pungkas Sarbini.(pendim).

Post a Comment

Previous Post Next Post