112 siswa kelas 9 mengikuti simulasi UNBK. (Photo-nal)
N3,Sarolangun,  Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan. Tahun ini, SMPN 1 Sarolangun menggelar Simulasi pertama pada tahun ke 2 Guna Persiapan UNBK yang akan datang. Informasi disampaikan langsung oleh pihak sekolah. 

Rita Suyetni,S.Pd.M.Pd kepala sekolah SMPN 1 mengatakan, Tahun ini merupakan tahun kedua mengikuti simulasi UNBK dan pertama kali simulasi UNBK digelar di SMPN 1 Sarolangun,

“ UNBK ini sangat bermenfaat bagi anak sebagai gambaran kemampuan dalam menyelesaikan soal soal UN nantinya. Dan juga mereka bisa memprediksi dalam pemetaan menyelesaian tatacara gambaran soal UN nantinya. Kegiatan simulasi ini merupakan kegiatan tahun ke-2 dan pertama kali digelar di SMPN 1 yang pada tahun sebelumnya digelar atau menumpang di SMAN 7 Sarolangun “. Kata Kepsek SMPN 1 Sarolangun.

Rita juga menambahkan bahwa komputer yang digunakan untuk simulasi UNBK sebanyak 40 unit yang 20 unitnya berasal dari bantuan pemerintah dan 20 unitnya lagi dari pinjamam dari guru dan murid,

“ Komputer yang kita gunakan 20 merupakan bantuan dari pemerintah dan 20 unit lagi berasal pinjaman murid dan guru. Dalam penyelenggaraannya diikuti oleh 112 orang dari kelas 9 yang dibagi dengan 3 sesi “. Jelasnya.

Simulasi yang digelar oleh pihak sekolah diakui turut membantu siswa dalam menjalani Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Dengan simulasi, diharapkan siswa tidak canggung lagi ketika diperhadapkan dengan sistem tersebut. (nal)
 
Top