Tanah Datar, nusantaranews.net,-    Piala Adipura yang diraih Kota Batusangkar sebagai lambang supremasi kota bersih diarak menuju Pasar Batusangkar. Pimpinan, jajaran pemerintah daerah bersama ratusan masyarakat menyambut piala kembali ke Kota Batusangkar setelah sekian lama tidak diperoleh lagi.

Wujud syukur kembalinya Piala Adipura untuk kelima kalinya yang diraih pada tahun 1993, 2008, 2009, 2010 dan 2018 ini sudah tergambar saat penyerahan oleh Wakil Presiden RI M. Jusuf Kalla didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya kepada Wakil Bupati Zuldafri Darma di di Auditorium Dr. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, Senin (14/1/2019).


Bupati Irdinansyah Tarmizi yang tidak sempat menjemput langsung juga mengungkapkan rasa syukur dan kegembiraan atas prestasi Tanah Datar di awal tahun 2019.
“Tidak ada kata selain ungkapan syukur kepada Allah SWT dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung program Adipura khususnya pasukan orange pahlawan kebersihan demi Tanah Datar khususnya kota Batusangkar yang bersih, teduh dan berkelanjutan,” sampainya.

Penyambutan Piala Adipura yang sudah dirindukan ini, Selasa (15/1/2019) mendapat perhatian dan apresiasi dari masyarakat. Masyarakat turut bahagia dan merasa senang, kota yang mereka cintai terpilih sebagai salah kota terbersih tingkat nasional.

Dimulai dari Simpang Manunggal tepat di depan tugu Adipura yang dibangun atas prestasi Adipura tahun 1993. Diarak menggunakan mobil terbuka menuju Simpang Sigarungguang dan disambut Ketua DPRD, Forkompinda, Sekda, Staf Ahli Bupati, Asisten,Pimpinan OPD, Ketua GOW Ny. Retri Zuldafri, beserta petugas K3. Rombongan melanjutkan dengan berjalan kaki menuju pasar Batusangkar sebagai etelase kota dari depan kantor Wali Nagari Baringin.

Wabup Zuldafri kembali menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung program kota bersih dan teduh. “Alhamdulillah berkat komitmen dan dukungan semua pihak terutama kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kebersihan lingkungan akan kita rasakan manfaatnya sendiri,” sampainya.

Secara khusus Wabup Zuldafri menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Kadis Perkim LH Dessy Trikorina beserta jajaran terutama “pasukan orange“yang bekerja tidak kenal lelah, tidak kenal waktu, hujan dan panas bukan menjadi halangan untuk memberi pelayanan kepada masyarakat.

“Kepada pedagang pasar, pengunjung kami juga menyampaikan terima atas kesadarannya menjaga kebersihan, melalui kesempatan ini kami mengajak untuk tetap mempertahankan budaya hidup bersih,” harapnya.

Ditegaskan Wabup juga, Batusangkar bersih bukan karena Adipura, tetapi Adipura diraih karena Batusangkar bersih. “Kita harus sadari hidup bersih itu perintah agama, tidak salah kiranya bahwa bersih itu sehat, bersih itu indah, bersih itu damai dan bersih itu inspiratif,” pesannya.

Sementara Ketua DPRD Anton Yondra dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah atas prestasi membanggakan ini. “Atas nama DPRD, kami menyampaikan apresiasi atas kinerja Bupati dan Wakil Bupati yang banyak meraih prestasi di berbagai bidang salah satu Piala Adipura,” sampai Anton.

Penghargaan Piala Adipura sebut Anton adalah simbol tetapi mempunyai arti yang luas yang menunjukkan komitmen bersama menjaga keindahan kota.

Ditegaskan juga, DPRD Kabupaten Tanah Datar siap mendukung sepenuhnya penataan Kota Batusangkar yang bersih dan indah. “Kita bertekad Anugerah Adipura tahun ini menjadi awal mempertahankan untuk tahun-tahun berikutnya,” ungkap Anton.**elpiss/mhw
 
Top