Batusangkar - Serah Terima Program Pamsimas III Jorong Balerong Bunta Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar Kamis (31/1). Acara diselenggarakan di Halaman Rumah Mantan Wali Nagari Rao-Rao Dt. Bandaro Sati.

Dihadiri oleh Kepala Dinas PMDPPKB Tanah Datar Novendril, Camat Sungai Tarab Riswandi, Wali Nagari Rao rao Fahmi Muhammad, Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Tanah Datar Syahril, Kepala Satker Pamsimas Mahfuz Idris, Anggota DPRD Dapil II Tanah Datar sertaForkompica Sungai Tarab dan Toko Masyarakat Rao rao. 

Menurut Kepala Satker Pamsimas Mahfuz Idris, dengan adanya program Pamsimas tahun ini air bersih dapat dirasakan Masyarakat Balairong Bantua. Mudah-mudahan kedepannya Jorong yang ada di Kecamatan Rao rao lainnya mendapatkan program Pamsimas ditahun-tahun berikutnya.

Intake, Pembangunan Pengelolan Air, Perpipaan PVC, Perpipaan GI, Rumah Pompa, Pompa, Sumber Energi Listrik, Promkes Masyarakat, Pelatihan PHBS Masyarakat, Pemicuan CLTS, Pelatihan Administrasi, Pelatihan Teknis, Pelatihan KP SPAM dan Kegiatan Operasional menjadi realisasi Fisik Program Pamsimas III Jorong Balairong Bantua yang Anggarannya bersumber dari APB Nagari Rao rao dan APB Daerah Kabupaten Tanah Datar.

Semoga progam ini dapat meningkatkan kesejahteraan, kesehatan, kebersihan dan ekonomi karena tidak hayal sebagian masyarakat menjalankan roda perekonomiannya berhubungan erat dengan ketersedian air bersih, harapnya.

Sementara Wali Nagari Rao Rao Fahmi Muhammad mengucapkan terima kasih kepada pemilik lahan sumber air yang telah berkenan untuk memfasilitasi program Pamsimas (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) III ini. Mudah-mudahan apa yang kita harapkan untuk mendapat air bersih secara mudah dapat terwujud.

Salah satu permasalahan bagi masyarakat Jorong Balairong Bunta adalah Air. Karena memang secara Topografi Jorong Balirong Bunta terletak pada daerah kertinggian. Maka dari itu kami sangat bersyukur program Pamsimas telah terlaksana di Jorong Balirong Bunta, jelasnya.

Sejauh ini, urai Wali Nagari Rao Rao, ada sekitar 48 dari 98 Kepala Keluarga yang mendaftar pendistribusian air bersih telah merasakan manfaatnya serta akan bertambah seiring kebutuhan air bersih setiap harinya.

Ia berpesan pada petugas maupun masyarakat Jorong Balairong Bunta agar dapat merawat fasilitas yang ada, karena memang merawat lebih sulit daripada membangun.

Dihimbau juga nantinya Masyarakat dapat menjaga ketertiban keamanan terkait penyediaan air bersih di Jorong Balairong Bunta. Jangan sampai terjadi perpecahan satu lama lainnya. Tentu yang sudah terwujud perlu kita syukuri bersama.

Sedangkan Camat Sungai Tarab Riswandi menyampaikan, semua ini terwujud berkat kerjasama antar seluruh masyarakat Jorong Balairong Bunto. Dukungan dari masyarakat juga perlu dibudayakan supaya air bersih dapat dinikmati dalam waktu yang panjang.

Pengoperasian Pamsimas di Jorong Balairong Bantua mengunakan mesin pompa air tidak menggunakan sistem garfitasi.

Kadis PMDPPKB Tanah Datar Nofenril menerangkan Program Pamsimas III Jorong Balirong Bunta adalah satu dari 10 Program Pamsimas di Kabupaten Tanah Datar yang telah diserah terimakan. Mudah-mudahan dapat membawa perubahan untuk meningkatkan kesejahteraan Masyarakat.

Sementara petugas pemeliharaan juga diharapkan bisa bekerja dengan terus tetap bekoordinasi dengan KKM jika terjadi permasalahan dilapangan.

Walaupun Program Pansimas terletak di Jorong Balairong Bunta akan tetapi aset tersebut tercatat sebagai aset Nagari. Aset Nagari mempunyai alokasi anggaran untuk pemiliharaan dan sebagainya melalui APBN sesuai ketersediaannya.

Operasional pun perlu menjadi perhitungan demi ketersediaanya air bersih secara berkesinambungan. Jika memungkinkan dibuat Peraturan Nagari tentang pengelolaan air bersih secara baik. (Humas/rhn).
 
Top