Massa Semangkin Anarkis, Anggota Korem 032/Wbr Bertindak

Massa meluapkan kekesalannya kepada Kantor KPU selaku penyelenggara Pemilu. 

Kejadian ini Berawal dari  akibat adanya indikasi kecurangan dan pelanggaran dalam pemilu yang dilaksanakan, massa merasa tidak puas dan tidak menerima. 

Karena ketidapuasan tersebut akhirnya ratusan massa mendatangi kantor KPU dan melakukan aksi anarkis. 
Karena tindakan para pendemo telah bertindak anarkis akhirnya setelah dilakukan peringatan agar massa mundur akan tetapi massa tidak menghiraukan dan bahkan semakin anarkis. 

Akhirnya dihalau dengan  melakukan semprotan  water canon namun massa tetap bertindak anarkis dan  tidak mengindahkan maka TNI Polri akan bertindak tegas dengan melakukan tembakan peringatan dan penindakan dan akhirnya massa dapat dipukul mundur. 

Ini merupakan Skenario Latihan Simulasi pengamanan Dalam rangka menyambut Pesta Demokrasi Pemilihan Presiden dan Pemilihan anggota Legislatif pada bulan April tahun 2019 yang diaksanakan oleh Korem 032/Wbr.

Latihan Simulasi ini diikuti oleh personel Makorem, Yonif 133/YS, Yonif 131/Brs, Denzipur , Satuan Brimob Polda Sumbar dan  Sabhara Polrestabes Padang.  Latihan yang dilaksanakan di halaman Makorem 032/Wbr Jln. Sudirman 29 Padang ini diperanggapkan dengan apabila terjadi kejadian yang sebenarnya.  

Danrem 032/Wbr mengatakan dalam sambutannya  yang dibacakan oleh Kasrem 032/Wbr Kolonel Inf Edi Nurhabad, SH, MH disampaikan  bahwa peningkatan intensitas politik saat ini tentunya akan dapat juga memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan dan harus menjadi perhatian bagi kita.

" Adanya penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah bangsa, serta penyebaran Hoax yang berpotensi menimbulkan konflik" Katanya

Lebih lanjut dalam sambutannya Danrem 032/Wbr " TNI dalam hal ini Korem 032/Wbr bersama Polri dan komponen bangsa lainnya harus dapat menjaga stabilitas kemanan khususnya di Propinsi Sumatera Barat dalam melaksanakan Pemilihan Presiden dan Legislatif"

TNI harus tetap menjaga netralitas dalam bersikap. 

Guna mewujudkan keamanan tersebut maka diperlukan suatu latihan untuk meningkatkan kemampuan personel dan satuan khususnya dalam menghadapi Pesta Demokasi 2019 dalam rangka perbantuan kepada Pemerintah Daerah dan Kepolisian.  

Latihan Simulasi ini juga menggunakan alat yang sebenarnya dengan mengerahkan peralatan penanganan masaa huru hara dari Korem dan  Polda Sumbar. 

Hadir dalam kesempatan ini Kasrem 032/Wbr,  Letkol Inf Jon Heriko, SE, MM selaku Ketua Tim Asistensi dari Kodam I/BB, AKBP Reko Karo Ops Polda Sumbar,  Mayor Laut Ubid Wadantim Intel Lantamal II Telukbayur, Mayor Tek Wahyudi Krisdianto Kasiopslat Lanud Sutan Syahrir Padang, Para Kasi Korem, Dandin 0312/Pdg para Kabalakrem dan tamu undangan lainnya. 

Sumber : Penrem 032/Wbr
Previous Post Next Post