Babinsa 02/ Kaliangkrik Beri Materi Pelatihan Pembinaan Kepada Linmas

MAGELANG,--Serka Turiman anggota  Koramil 02/Kaliangkrik, Kodim 0705/Magelang memberikan pelatihan dan pembinaan kepada Linmas  di Desa Mangli Kecamatan Kaliangkrik, Magelang. Jum'at (04/01).

Pelatihan dan pembinaan linmas ini juga dihadiri oleh Kepala Desa Mangli Yahno dan para perangkat desa dan linmas dengan jumlah yang hadir sekitar 40 orang.

Linmas adalah organisasi pemerintahan tingkat desa dimana tugas dan tanggung jawab nya  mengurusi,tentang keamanan, ketertiban lingkungan serta membantu penanggulangan bencana alam diwilayah, mereka juga sebagai contoh dan suri teladan ditengah  masyarakat untuk memajukan desanya.

Dalam kesempatan tersebut Serka Turiman menyampaikan bahwa beberapa tugas dan fungsi linmas itu sendiri selain sebagai keamanan dan ketertiban juga sebagai mitra karib  TNI, mereka juga bisa berfungsi sebagai komponen cadangan untuk memperkuat pertahanan negara, linmas dibekali berbagai keahlian seperti bela diri, dilatih disiplin, dan diajari baris berbaris yang benar sebagai bekal dalam melaksanakan tugasnya.

Dengan jumlah babinsa diwilayah yang relatif masih terbatas, maka keberadaan  linmas sangatlah penting sebagai mitra TNI dimana bisa saling bersinergi untuk memantau perkembangan wilayah.

"Mereka dapat melaporkan tentang kondisi wilayah terkini secara cepat kepada babinsa maupun babinkamtibmas dan selanjutnya Babinsa menerus kan kepada atasannya,sebagai langkah deteksi dini dan cegah dini sebelum terjadi sesuatu hal yang dapat merugikan masyarakat" ungkapnya.

Kegiaatan pembinaan linmas yang dilakukan rutin setiap tahunnya tersebut bertujuan sebagai penyegaran untuk memberi motivasi serta meningkatkan kemampuan para anggota linmas dalam menjalankan fungsi tugasnya didesa. (Pendimmgl)
Previous Post Next Post