Mungkid -- Hari Tanpa Kendaraan atau ‘Car Free Day’ yang dilaksanakan oleh jajaran pemerintah daerah dan masyarakat  Kabupaten Magelang dilapangan drh. Soepardi berlangsung meriah  kemarin pagi Minggu (20/01).

Pelaksanaan CFD tersebut merupakan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Magelang  bekerja sama dengan Bawaslu, PWI dan Polres Magelang. CFD ini diberlakukan Minggu mulai dari jam 06.00 – 09.30 pagi atau 3,5 jam diberlakukan CFD pada hari Minggu ini sebagai upaya mengurangi polusi udara dan masyarakat dapat menggunakan jalur CFD untuk aktifitas olahraga tanpa terganggu oleh kendaraan, Animo masyarakat yang cukup banyak meskipun cuaca sedang hujan gerimus.   Kegiatan CFD ini juga menjadi ajang silaturahmi antara warga masyarakat maupun personil TNI, Polri, ASN di Kabupaten Magelang.

Dalam kegiatan CFD ini juga dilaksanakan Deklarasi Masyarakat kabupaten Magelang Anti Hoax dan Money Politics dalam Pemilu 2019 yang ditandatangani oleh Ketua Bawaslu pusat dan Forkopimda.

Pemberlakukan CFD ini setidaknya ada empat hal positif di dalamnya. Pertama, jalur CFD digunakan untuk aktifitas olahraga dengan bebas tanpa adanya gangguan kendaraan bermotor. Kedua, dalam aktifitas ini terjadi komunikasi sosial yang mempererat persahabatan dan keakraban antar sesama warga. Hal ketiga, kegiatan ini dapat dijadikan juga menjadi tempat untuk meningkatkan perekonomian warga dengan berjualan aneka jajanan kuliner selama kegiatan CFD berlangsung, seperti bubur ayam, kerak telur, tempe mendoan, lontong sayur, minuman dan lain sebagainya. Hal lainnya, yaitu kegiatan CFD ini dapat dijadikan sebagai obyek rekreasi oleh warga masyarakat kabupaten Magelang.

Kegiatan CFD ini di hadiri ketua Bawaslu Pusat Bapak Asbhan SH. MH dan jajaran Forkopimda ,ketua Bawaslu, ketua KPU kabupaten Magelang , hadir pula kepala OPD/SKPD beserta jajaranya dan masyarakat, anggota TNI dan Polri serta ribuan Masarakat seputaran wilayah.
 
Top