PADANG - Jabatan itu amanah dari Allah dan kepercayaan pimpinan  akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah. Dan jabatan  bisa menjadi ujian dan bisa juga menjadi musibah. Suatu amanah yang bisa mengangkat harkat dan martabat kita, jabatan itu mengangkat martabat keluarga serta  masyarakat. 
Demikian ditekankan Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri saat melantik pejabat eselon III, Jumat (18/1) di Aula Aml Bhakti I. Pelantikan dilaksanakan usai rapat dinas yang dihadiri Kabag TU, Kepala Bidang, Pembimas dan Kepala Kankemenag se Sumatera Barat.
Kakanwil menyampaikan beberapa harapan kepada pejabat yang baru dilantik, pertama melaksanakan tupoksi dengan baik, tupoksi yang tertuang dalam PMA 13 tahun 2012. Kepala Bidang dan Kakan Kemenag adalah pembantu utama Kakanwil. 
“Untuk itu, diharapkan para pejabat yang baru dilantik harus mengamalkan dan melaksanakan kebijakan Kakanwil. Kebijakan Kakanwil tidak akan keluar dari kebijakan Menteri Agama”, pinta H. Hendri.
Kakanwil, jadilah midle manager, Kakan Kemenag tidak boleh keluar dari garis yang telah dibuat Kakanwil sebagai top manager. Namun perlu diingat di tempat tugas, Kakan Kemenag bertugas sebagai manager.
Sebagai pembantu Kakanwil harus ada komunikasi yang intens terhadap perkembangan-perkembangan yang terjadi. Komunikasi terhadap hal-hal yang harus dilakukan bersama untuk kebaikan Kanwil Kemenag Sumbar ke depan. 

Para pejabat yang dilantik merupakan kepercayaan utama Kakanwil, jangan sampai membuat pimpinan sendiri dirugikan. Bangunlah komunikasi yang baik melalui suara maupun media sosial,” harapan Kakanwil.
Loyalitas kepada pimpinan, sepanjang yang dilakukan akan dipantau 9.151 pegawai yang tersebar di Sumatera Barat. Loyalitas itu hal yang utama, sesuai dengan PP 11 tahun 2017. Kalau seseorang itu dianggap penghianat, tidak akan dipercayai menjadi pimpinan. 

Harapannya, jadilah pelayan, karena kita akan banyak melayani masyarakat, tokoh bupati dan anggota dewan maka berikanlah pelayan yang sangat memuaskan berikan pelayan yang baik.
Terakhir Mantan Kakan Kemenag Agam dan Kota Pariaman ini, mohon dukungan kepada istri. Dukungan istri sangat diperlukan dalam kesuksesan seorang suami. Iringi suami dengan mendukung dan melaksanakan program yang ada di dharmawanita.
Selain mengucapkan terimakasih kepada pejabat yang dilantik, Kakanwil juga mengucapkan terimakasih kepada Plt. Kabid Penmad, Drs. Kasmir yang sudah mengendalikan Bidang Penmad (Pendidikan Madrasah) beberapa bulan ini. Banyak ide dan masukan yang sudah disampaikan. Terima kasih juga kepada Syamsul Arifin yang telah menjabat plt. Kakan Kemenag Sijunjung.
Para pejabat yang dilantik, Kabid Penmad yang ditinggal pensiun Artis Arjun dan digantikan H. Syamsul Arifin yang sebelumnya menjabat Kakan Kemenag Tanah Datar. Kemudian Kakan Kemenag Sijunjung Drs. H. Afrizal sebelumnya menjabat  Kasi Pendidikan Diniyah Pontren Kota Solok. Sebelumnya Kepala Kemenag Sijunjung dijabat H. Afrizal (alm).
Diakhir arahannya Kepala Kanwil menyampaikan bahw serapan anggaran Kanwil Kemenag mencapai 95, 99 persen. Ini melebihi target nasional, dan meningkat dari tahun 2017 yang hanya mencapai 87 persen. Usai pelantikan acara dilanjutkan dengan acara Zikir Akbar di Mesjid Mambaul Ikhlas Kanwil Kemenag Sumbar.

 
Top