Penulis : Mahyuddin, 
Mahasiswa Pasca Sarjana Ilmu Administrasi Negara di UNIMAL, 
juga sebagai Ketua APDESI Aceh Timur.

Aceh Timur-Nusantaranews, Gemerlap terangnya Lampu dan Pancaran Gas PT.Medco di Kecamatan Indra Makmur Aceh Timur  seakan dapat terjawab tentang masa depan masyarakatnya yang gemilang bagi seantero anak negeri,dikecamatan itu" yang masih menganggur. Fakta beberapa waktu yang lalu sederet kisah tentang unjuk rasa warga setempat yang masih berharap agar bisa dipekerjakan di perusahaan pengeboran tersebut, terutama mereka yang domisili dikawasan lingkar tambang perusahaan gas itu.
Semua kita tentu mendukung investasi demi menunjang pendapatan untuk pembangunan daerah, namun jangan pula dengan alasan berdalih investasi lantas menghalalkan semua aktivitas yang diduga dapat merugikan segelintir warga yang hanya menggantungkan harapannya sebagai petani. Silahkan bergeliat eksplorasi, asal jangan mengganggu lahan petani seperti pencemaran limbah dan penyempitan aliran alur sungai yang pernah terjadi.

Dari data yang sebelumnya juga diberitakan bahwa perusahaan juga belum mengurus IMB sudah hampir sepuluh tahun berjalan, sedangkan PAD dari sektor pajak perizinan untuk Aceh Timur juga tidak didapat seperti yang diharap oleh Pemda setempat. Bayangkan, jangankan untuk kesejahteraan masyarakat, untuk daerah saja PAD belum berjalan seperti yang diharap. 

Terkait tenaga kerja lebih kurang juga sami mawon (sama dengan), yang bekerja permanen diduga hanya beberapa diantara putra setempat, selebihnya bukan tidak mungkin bagi si mereka yang mengantongi rekom pejabat. Sedangkan yang lain kebanyakan bekerja di Subcon yang siap diberhentikan selesai kontrak dan hanya bekerja sebagai tukang. Bahkan tidak sedikit tenaga kerja luar daerah terdapat ikut menggarap lahan gas tersebut, putra daerah rata-rata dipagar dengan aturan kualifikasi dan alasan klasik lainnya seperti tidak memiliki skil dan pengalaman kerja.

Investasi memang urgen agar daerah dapat bergeliat dalam persaingan ekonomi global, Dengan dalih investasi pula masyarakat lingkar tambang siap dikebiri, belum lagi pekerja luar daerah yang pernah dipasok tengah malam kekawasan tambang tersebut semakin mempersempit ruang bagi putra daerah untuk bisa bekarya dan bekerja sebagai bentuk ketersediaan lapangan kerja.

Semestinya masyarakat seputaran lingkar tambang harus diprioritaskan sebagai pekerja lokal, sehingga mereka tidak hanya menikmati asapnya saja sembari menatap kerdipan cahaya sebagai bentuk kemakmuran dan kebahagian ditanah leluhurnya,Akan tetapi mensejahterakan masyarakat lingkar tambang jauh lebih penting demi menunjang taraf hidup  bagi kaum pengangguran agar ekonomi masyarakat tidak terpuruk dalam kemiskinan.  Sehingga bukan hanya nama Kecamatannya  saja yang INDRA MAKMUR di Aceh Timur akan tetapi penghuninya juga harus ada INSAN yang MAKMUR dengan kehadiran PT. Medco yang beroperasi dibidang pengeboran, sehingga masyarakat ikut menikmati dari kekayaan alam yang mereka miliki ditanah Indatunya sendiri.
Wallahualam.
 
Top