Hakim Agung Pada Pisah Sambut Ketua PN Batusangkar, Hukum Yang Benar Adalah The Living Law

BATUSANGKAR - Malam Perkenalan dan Pisah Sambut Ketua Pengadilan Negeri (PN) Batusangkar dari Efendi, SH, MH kepada Tiwik, SH, M. Hum. Bertempat di gedung Indo Jolito Batusangkar, Jum'at (18/1).

Dalam sambutannya, Ketua PN yang baru, Tiwik menyampaikan bahwa dia baru dilantik hari ini dan mohon dukungan dari Pemerintah Daerah dan semua pihak. Menurutnya, dari info yang saya dengar Forkopimdanya kompak dan hal ini memberi energi positif untuk perkembangan Kabupaten Tanah Datar ke depan.

Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar yang lama Efendi, asli putra Suliki Payakumbuh, mengatakan selamat datang kepada Ketua PN yang baru dilantik sebagai landrat di PN Batusangkar. Efendi menyampaikan ucapan terima kasih pada Pemda Tanah Datar selama bertugas telah bekerja sama dengan baik dan selalu menjaga kekompakan.

Pada kesempatan itu Efendi memuji masyarakat Tanah Datar yang ramah, Pemda dan Forkopimda juga kompak, katanya. Selama Efendi bertugas di Tanah Datar, semua masalah penanganan kasus sudah ditangani dengan baik.

Efendi  menyampaikan bahwa dia pindah tugas ke Purwakarta dan mohon bantuan kerjasama kepada Pemda Tanah Datar dan semua pihak termasuk Forkopimda agar tugas Ketua PN Batudangkar yang baru dapat berjalan dengan baik.

Sedangkan Ketua DPRD Anton Yondra, dalam sambutan menyampaikan ucapan terima kasih pada Efendi yang selama bertugas di Tanah Datar telah berjalan dengan baik.

Kepada ketua PN Batusangkar yang baru Anton Yondra menyampaikan ucapan selamat datang dan  bertugas di Tanah Datar.

Harapan Anton Yondra, di masa yang akan datang, Ketua PN Batusangkar yang baru dapat membawa Kabupaten Tanah Datar lebih baik lagi.

Sementara Wakil Bupati Zuldafri Darma, turut menyampaikan selamat datang kepada Ketua PN yang baru dan selamat bertugas di Tanah Datar, dan ucapan terima kasih kepada Ketua PN yang lama atas dedikasi selama bertugas di Tanah Datar dan selamat bertugas ditempat yang baru sebagai wakil Ketua Pengadilan Negeri Purwakarta.

Harapan Wabup Zuldafri Darma pada OPD dan pemangku kepentingan di daerah meminta agar bekerja dengan sebaik-baiknya, apa lagi menyangkut soal uang/anggaran, agar tidak tersandung kasus hukum.

Wabup berharap kedepan agar kesadaran masyarakat semakin tinggi akan hukum, sehingga tidak terjadi lagi kasus-kasus yang melanggar hukum.

Sementara Hakim Agung Dudu Duswara menyebutkan, hukum yang benar menurut pakar dari Jerman adalah The Living Law, yaitu hukum yang hidup dan berkembang di tengah-tengah masyarakat.

Dalam hal ini kata Dudu Duswara, "Seperti hukum adat, hukum Islam dan hukum barat, The Living Law, hukum merupakan katalisator dari positif atau negatif menuju pembangunan Hukum Nasional. Dan hal ini terus berkembang seiring kemajuan ekonomi, salah satunya hukum bisnis atau hukum ekonomi."

"Oleh karena itu koordinasi yang telah dilakukan ketua PN Batusangkar yang lama bersama pemangku kepentingan di Tanah Datar selama ini, saya ucapkan terima kasih, dan kepada Ketua PN yang baru Tiwi, apa yang telah dilaksanakan dengan baik itu agar diikuti bahkan  ditingkatkan," pungkas Dudu.

Pisah Sambut Ketua Pengadilan Negeri (PN) Batusangkar dihadiri Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma dan jajaran, Hakim Agung DR. H. Dudu Duswana, SH, M.Hum, Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra, Kajari Tanah Datar M. Fatria, Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas dan Wakapolres Padang Panjang Kompol Arifin Daulai, Kasdim 0307 Tanah Datar Mayor Inf. Munawar serta beberapa Camat di Tanah Datar.
Previous Post Next Post