Bupati Mentawai Resmikan Aula Desa Sipora Jaya


N3, Mentawai- Bupati Yudas Sabaggalet tengah meninjau aula Desa Sipora Jaya
Tuapejat. Pada kesempatan itu Ia mengatakan bahwa aula Desa Sipora Jaya adalah yang terbaik dari beberapa aula atau gedung pertemuan di seluruh desa yang ada di Kepulauan Mentawai. Hal itu ia sampaikan pada saat meresmikan aula Kantor Desa Sipora Jaya, Kecamatan Sipora Utara, Rabu (16/1).

"Saya sudah keliling beberapa desa dan saya melihat aula yang terbaik itu adalah aula Desa Sipora Jaya, kalau soal besar gedungnya ada yang lebih besar, tapi kesannya tidak semewah aula Desa Sipora Jaya, dan ini sebaiknya menjadi motivasi bagi desa lainnya," bebernya.

Ia juga menyampai kan kepada Kepala Desa Sipora Jaya agar terus melakukan inovasi untuk membangun desa, karena menurutnya pembangunan yang dilakukan oleh seorang pimpinan di wilayahnya itu akan menjadi sejarah ketika kelak tidak lagi menjabat.

"Saat ini kita sebagai pemimpin sangat berpotensi mengukir sejarah, beda dengan daerah lain yang sudah maju, kalau di sini masih banyak yang mau kita bangun, maka silakan bangun apa lagi yang bisa dibangun untuk kepentingan masyarakat," tegasnya.

Sementara itu Kepala Desa Sipora Jaya Mujiyanto mengatakan dalam sambutannya bahwa ruangan yang berukuran dengan lebar 9 Meter dan panjang 18 Meter itu ke depan akan dikelola langsung oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) setempat.

"Besar ruangan Aula ini 9x18 meter, belum termasuk gudang, ruangan dapur dan toilet dengan untuk 4x18 Meter, jadi total ukurannya lebar 13 meter dan panjang 18 meter, ini sengaja kita konsep kesannya seperti bangun di kota, jadi walaupun kita di desa, tetapi konsep bangunnya ala kota, nanti bagunan ini akan diserahkan ke Bumdes, " paparnya.

Ia menyebut sedikitnya anggaran pembangunan gedung pertemuan tersebut menelan Anggaran Dana Desa (ADD) mencapai Rp 713 juta , yang dikerjakan secara bertahap, dimana tahap pertama dilakukan pada Tahun Anggaran 2017 dengan kucuran dana Rp 283 juta, sedangkan tahap kedua pada Tahun Anggaran 2018 Rp 430 juta.

Ia berharap gedung tersebut kedepan akan menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Desa Sipora Jaya, dimana pengelola adalah Bumdes, "Kita belum kaji berapa tarif sewa gedung yang pasti lebih murah dari aula hotel, sifatnya kita membantu masyarakat yang ingin melakukan kegiatan yang membutuhkan gedung pertemuan," pungkasnya.

Dalam acara peresmian tersebut turut hadir, Anggota DPRD Mentawai, Perwakilan Polres Mentawai, Camat Sipora Utara, Sejumlah Kepala SKPD, Sejumlah Kepala Desa di Wilayah Sipora Utara, tokoh agama, tokoh pemuda dan masyarakat lainnya. (Jai)
Previous Post Next Post