Aceh Timur-NusantaraNews, Pernahkah Anda mengetahui selama ini Bawang Frien Atau nama lainnya bawang dayak yang saat ini sedang menjadi perbincangan hangat di dunia Kesehatan, atau mungkin sudah sangat familiar dengan beberapa jenis bawang seperti bawang bombai, bawang merah, dan bawang putih.
Bawang pada umumnya yang sering sekali dikonsumsi setiap hari dan dijadikan bumbu masakan, selain diolah agar masakan jadi enak ternyata juga punya banyak manfaat untuk dunia kesehatan.
Bawang putih misalkan, mengandung minyak atsiri yang berkhasiat untuk mengurangi kadar kolesterol dan juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner, darah tinggi, dan lain sebagainya,Sedangkan bawang merah kerap kali kita gunakan untuk mengatasi demam dan masuk angin.
Tapi ada lagi jenis bawang yang manfaatnya baik untuk tubuh, yaitu Bawang Dayak/di Aceh disebut dengan Bawang Frien pernahkah kita berfikir bahwa bawang tersebut sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh, dan selama ini Bawang Frien tersebut dijadikan sebagai bahan mainan bagi sebagian anak kita.
Bawang ini memiliki nama lain seperti bawang berlian, bawang sabrang, bawang tiwai, dan bawang hutan, dikalangan masyarakat Aceh bawang ini disebut dengan Bawang Frien dalam bahasa Aceh(Frien) artinya bila kita sebut kepada seseorang, orang itu kecil tidak cepat tua (Awet muda)

Hasil penelitian bawang Frien/bawang Dayak mengandung senyawa-senyawa seperti Alkaloid, Saponin, Triterfenoid, Steroid, Glikosida, Tanin, Fenolik dan Flavonoid yang biasa dijadikan bahan baku obat,ternyata khasiat dan kegunaan bawang dayak/bawang Frein dapat digunakan sebagai obat untuk berbagai penyakit mulai dari yang ringan hingga penyakit berbahaya lainnya.

manfaat Bawang Frien dapat menyembuhkan penyakit-penyakit diantaranya,kanker payudara,diabetes mellitus, jantung koroner, hipertensi, tuberkulosis, bronkitis, radang rektum, asam urat, radang prostat, ambeien, peluruh lemak, bisul, hepatitis, dan peningkat gairah seksual, penderita diabetes yang mengonsumsi bawang dayak/bawang frien,kadar gula dalam darahnya berangsur turun
Meskipun kurang familiar di kalangan masyarakat Aceh, namun ternyata bawang ini sudah lama digunakan di Kalimantan sebagai tanaman obat,Bentuknya hampir mirip dengan bawang merah, yang membedakan adalah umbi bawang frein/ bawang dayak memiliki warna yang merah menyala atau lebih terang.

Untuk mengkonsumsi bawang frien tidak begitu merepotkan dan sangat mudah
Anda hanya perlu mengambil 4 sampai 5 siung lalu cuci bersih potong kecil-kecil, atau diiris Bawang frien tersebut lalu direbus dengan sekira 3 gelas air hingga air berkurang setengahnya,Lalu minum air rebusan tersebut sehari dua kali. Semoga bermanfaat.(has)
 
Top