MAGELANG, - Untuk mengatasi kesulitan rakyat, Babinsa selalu hadir di tengah - tengah masyarakat, seperti halnya Koptu Anton salah satu anggota Koramil 09/Tegalrejo yang merupakan Babinsa Desa Tegalrejo tersebut membantu masyarakat Dusun Sidowangi Desa Tegalrejo menguruk bahu jalan dengan karung yang diisi dengan tanah dengan tujuan agar jalan tersebut lebih kuat, Selasa (22/01).

Pengurukan ini bertujuan agar jalan tidak mudah terkikis/longsor ke bawah yang di akibatkan oleh curah hujan yang terus menerus mengguyur dihampir seluruh wilayah Tegalrejo.

“Kerja bakti kali ini mengisi karung-karung bekas dengan tanah selanjutnya di tata rapi di pinggiran jalan dengan tujuan agar tanah jalan tersebut menjadi sedikit lebih kuat tidak mudah tergerus oleh aliran air sungai ” kata Anton.

Anton mengaku senang bisa membantu warga binannya, dengan bekerja bersama mereka kami bisa secara langsung merasakan apa yang mereka rasakan dan butuhkan.

“Momen-momen seperti inilah warga binaannya bisa lepas menyampaikan segala permasalahan yang ada didesa, yang tentunya menjadi hal penting bagi babinsa sebagai bahan acuan dalam melaksanakan pembinaan wilayah yang tepat” pungkasnya.

Sementara Sucipto selaku Kepala Dusun Sidowangi mengucapkan terimakasih kepada Babinsa atas perhatian dan bantuan tenaganya dalam kegiatan tersebut.

“Ini figur babinsa yang saya sukai, tak pernah sungkan turun kelapangan dan merupakan potret kedekatan babinsa dengan warganya” tutur Cipto.

Ditempat terpisah Danramil Tegalrejo Kapten Inf Sunarto menyampaikan bahwa seluruh anggotanya diperintahkan untuk lebih intensif melaksanakan patroli wilayah, mengingat ahir-ahir ini cuaca sangat tidak menentu dan cenderung ekstrim.

“Patroli wilayah merupakan bagian tugas dari seorang Babinsa untuk mengetahui situasi dan kondisi wilayah terkini, apalagi saat musim penghujan seperti ini, tentu tingkat kerawanan bencana alam cukup tinggi baik tanah longsor, banjir, angin puting beliung dan sebagainya, yang harus diantisipasi” pungkas Danramil.(pen)
 
Top