N3 Payakumbuh - Dinas Arsip dan Perpustakaan kota Payakumbuh menggelar Stakeholder Meeting Tim Sinergi se-kota Payakumbuh di aula ex. Balaikota Bukik Sibaluik, Senin (3/12).

Kegiatan ini diikuti oleh beberapa SOPD yg terkait di lingkup pemko, seperti dinas pertanian, koperindag, dinas ketapang, kominfo, dinas lingkungan hidup, dinas Pendidikan, disnaker, serta dari kecamatan dan  dari kelurahan yg menjadi mitra usaha, dan dari pihak BUMN seperti dari perbankan se-kota, telkom, pegadaian dan dari pengelola perpustakaan kelurahan atau TBM (Taman Baca Masyarakat) kota Payakumbuh.

Ir. Zulinda Kamal selaku Kadis kantor arsip dan perpustakaan kota Payakumbuh dalam sambutannya menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah supaya perpustakaan dari kelurahan saat ini dapat bertemu dengan stakeholder agar nanti nya mampu menjadi peran mitra dalam perkembangan minat baca dan pusat kegiatan di masyarakat.

"Dan perlu juga kita ketahui semua bahwa kota Payakumbuh sudah menjadi mitra dari Perpuseru (perpustakaan seru) yg mana nanti kita dapat melaksanakan kegiatan tidak hanya tentang literasi saja, nanti kita bisa membuat kegiatan yg dapat meningkatkan perkembangan dan kemajuan di masyarakat.

Dan kita juga dapat bantuan dari pihak Coca Cola Foundation Indonesia yg mana dananya didapat dari Billgates Foundation (Microsoft) yang nanti digunakan untuk perkembangan perpustakaan dan perkembangan literasi untuk kemajuan masyarakat", ungkap Zulinda Kamal.

Walikota Payakumbuh yang dalam hal ini diwakili oleh Staff Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Syahril, menyampaikan akan keprihatinannya terhadap minat baca masyarakat saat ini, terutama untuk anak muda yg sungguh sangat jauh sekali dari keinginan membaca buku.

Dan melalui meeting ini, kita semua berharap kedepannya untuk perkembangan minat baca di tengah masyarakat dapat semakin baik dan bagus.

"Serta dilihat juga dari perkembangannya semua sudah serba digital, apapun itu termasuk untuk membaca juga sudah bisa didapatkan di hp atau komputer di karenakan  sekarang sudah banyak beredar soft copy di internet sehingga buku buku yg ada menjadi tidak dilihat lagi karna sudah digantikan oleh hp atau komputer. Dan ini sekarang menjadi tugas kita semua agar kedepannya minat baca di masyarakat dapat tumbuh dan berkembang lagi sehingga perpustakaan yg ada saat ini dapat secara maksimal digunakan", imbuh Syahril.

Ditambahkan Zulinda Kamal, "jadi melalui Meeting Stakeholder ini, dari 13 kelurahan mitra usaha saat ini sudah merencakan kegiatan selama 2019 nanti dan untuk SOPD dan dari perbankan se-kota dapat men-support dan membantu untuk kelancaran dan kemajuan perkembangan literasi kota Payakumbuh kedepannya, di karnakan secara finansial dinas arsip dan perpustakaan kota Payakumbuh belum mampu secara mandiri untuk melakukan kegiatan kegiatan yg telah di rencanakan nantinya.

Zulinda Kamal berharap agar semuanya dapat bersinergi untuk kelancaran dan dapat berkembang nya untuk literasi di kota Payakumbuh ini. (Rahmat Sitepu)

 
Top