Anak Paud dan TK terpadu Alam Tiara bermain sambil belajar. (Photo/nal)
N3,Sarolangun, Pengadaan perlengkapan sarana dan prasarana sarana perlu disesuaikan dengan jumlah anak dalam pendidikan usia dini. Mengenai prinsip pengadaan sarana prasarana dan kelayakkan yang semestinya menjadi tempat bermain harus dalam kondisi aman, bersih, sehat dan nyaman serta indah dan sebaiknnya disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak sehingga anak bisa memanfaatkan potensi sumberdaya yang ada dilingkungan sekitar, yang tentunya tidak membahayakan bagi anak dan kesehatannya.

Khairuna, S.Pd Kepala Sekolah Paud terpadu Alam Tiara kepada  media ini menyampaikan, bahwa Sekolah sambil bermain harus mempunyai ruang gerak yang memadai,

“ Idealnya satu anak memiliki ruang gerak seluas 2 X 2 meter persegi. Karena anak sangat aktif dalam melakukan aktifitasnya bebas bergerak dalam berekplorasi ketika saat belajar sambil bermain. Jadi kondisi kita disini masih belum dibilang layak. Namun, kita harus mengatasi kekuarangan ini dengan cara memberi kebebasan dengan batasan batasan tertentu tanpa mengurangi kebebasan ruang gerak anak “. Jelasnya.

Khairuna menambahkan, bahwa Paud dan Tk yang dibinanya hanya berukuran 7 X 8 yang diisi 18 orang anak,

“ Benar, ukuran ruangan tk kita berukuran 7X8 meter persegi yang diisi oleh 18 orang anak kita dalam kegiatan belajar sambil bermain. Seyogyanya 2 X 2 meter persegi untuk satu anak. Jadi ini cukup lumayan sesak. Tinggal kita saja mengatur kegiatan yidak dilakukan secara serentak supaya anak dan guru merasa nyaman dalam menjalani aktifitasnya “. Ungkapnya.

Adapun terkait sarana dan prasarana TK/RA/BA dan sejenisnya dengan persyaratan seperti harus memiliki luas lahan untuk bangunan dan halaman minimal 300 persegi. Memiliki ruang kegiatan anak yang aman dan sehat dengan rasio minimal 3 meter persegi per-anak serta tersedianya fasilitas cuci tangan dengan air bersih. Memiliki ruang lainnya yang relevan dengan kebutuhan kegiatan anak. memiliki alat permainan edukatif yang aman dan sehat bagi anak yang sesuai SNI Serta fasilitas bermain didalam maupun diluar ruangan yang aman dan sehat. (nal)
 
Top