N3,Sarolangun ~ Perusahaan pertambangan batu bara yang berlokasi di Kelurahan Gunung Kembang,Kecamatan Sarolangun,Kabupaten Sarolangun merespons dan sudah turun ke lokasi terkait keluhan warga RT 09 yang rumah terendam banjir.

Seperti yang disampaikan,Ketua RT 09 Kelurahan gunung Kembang Suharyono beberapa hari yang lalu,yang menyebutkan jika banjir diareanya akibat stokfile dan jalan tambang PT.Charitas Energy.Yang mana adanya pendangkalan aliran sungai dari aktifitas tambang

Menanggapi hal itu,Aris Winarso yang merupakan Kepala Produksi PT Charitas Enegy kepada nusantaranews.net mengatakan,jika apa yang disampaikan warga terkait masalah banjir ada beberapa point,salah satunya secara garis besar diklaim jika perusahaan sebagai penyebab langsung banjir.

"Kalau kita analisa dengan data-data dilapangan,dimana riwayat sebelum adanya kegiatan area tersebut memang sering banjir.Sedangkan aktifitas kita baru beroperasi tahun ini,"ujar Aris Winarso.

Dijelaskannya,jadi adanya perubahan rona tambahan bukaan dari lokasi tambang memang tidak menutup kemungkinan akan menambah debit air,sehingga sungai yang ada diarea tersebut tidak sanggup menampung air tersebut.

"Kita sudah coba cek sungai yang ada diarea itu,memang sudah pasang,sehingga air dari hutan tidak lancar mengalir kedalamnya,"sebutnya.

Terkait apa yang disebutkan warga,yang mana telah terjadi pendangkalan sungai dari aktifitas penambangan dan stokfile serta terhambatnya aliran air karena jalan tambang. Aris Winarso menyebutkan,kalau adanya pendangkalan secara besar-besaran belum ada,tetapi pendangkalan dari kikisan yang merupakan tanah bagian atas atau pucuk itu memang tidak dipungkiri ada.

"Tapi kalau menjadi penyebab langsung mutlak disitu,saya kira perlu dikaji ulang,"tegasnya.

Adapun upaya dan langkah-langkah yang akan dilakukan PT Charitas Energy, baik itu perbaikan dan perawatan akan dilakukan pada saat nanti tidak lagi nusim hujan,sedangkan bantuan bagi warga yang terkena banjir,pihak perusahaan sudah memikirkan itu dan sudah mengajukan kepada Direksi.

"Moga-moga dalam waktu dekat,dengan cara kami merangkul beberapa instansi terkait akan segera melakukan bakti sosial,"pungkas Aris Winarso.

Sedangkan perwakilan dari PT Karya Bumi Bratama (KBB) Bobby menambahkan,jika untuk kontraktor penambangan memang PT Charitas Energy dan untuk Stokfile PT Metalic Bersenergy dalam bidang pengangkutan dan penjualan.

"Stokfile diluar konsensi PT KBB dan di RT 09 tidak ada aktifitas penambangan,"jelas Bobby.
(SRF)
 
Top