N3 Limapuluh Kota - Dalam rangka memperingati hari jadi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang ke-68, IDI cabang Payakumbuh-Limapuluh Kota bekerjasama dengan IDI Provinsi Sumatera Barat, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat dan Dinas Kesehatan Limapuluh Kota melakukan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat didaerah terpencil di Kabupaten Limapuluh Kota.

Pelepasan kegiatan pengabdian masyarakat tersebut dipusatkan di Aula Dinas Kesehatan, Limapuluh Kota ex- Kantor Bupati, beberapa waktu yang lalu yang dihadiri langsung oleh Bupati Limapuluh Kota, H. Irfendi Arbi, Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Barat, Ketua IDI Sumatera Barat, dan ratusan dokter spesialis serta tenaga kesehatan di Kabupaten Limapuluh Kota.

Ketua panitia, sekaligus ketua IDI Payakumbuh-Limapuluh Kota, Chairul Abdi mengatakan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini memanfaatkan momen ulang tahun IDI ke 68, dengan bantuan dan dukungan dari IDI sumbar, Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten Limapuluh Kota.

"Kegiatan pengabdian masyarakat ini kita membawa sejumlah dokter spesialis di Sumbar kepada masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota, Hal ini bertujuan untuk menghadirkan dokter khususnya dokter spesialis ke tengah masyarakat kita. Sebab, selama ini kita ketahui tidak semua masyarakat kita didaerah ini yang bisa mendapat perawatan langsung dari dokter spesialis," ujarnya.

Dikatakannya, daerah yang akan dilakukan pengabdian masyarakat oleh IDI tersebut terfokus di Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka, yang nantinya kegiatan ini berjalan selama 2 hari.

"Nantinya kegiatan ini akan diadakan selama 2 hari dengan rincian dihari pertama kita bersama seluruh dokter spesialis akan memberikan pelatihan kepada seluruh tenaga kesehatan di Kabupaten Limapuluh Kota dan dihari kedua kita akan melakukan pengabdian masyarakat kepada  masyarakat di Nagari Simpang Kapuak," lapornya.

Sementara itu, Bupati Limapuluh Kota, H.Irfendi Arbi yang berkesempatan melepas kegiatan tersebut mengatakan, pemerintah kabupaten Limapuluh Kota sangat menyambut baik dengan terselenggaranya kegiatan yang diselenggarakan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Payakumbuh-Limapuluh Kota ini. Dirinya berharap dengan adanya kegiatan ini terus berlanjut nantinya.

"Ini sangat membanggakan saya sangat senang dengan terselenggaranya kegiatan ini, Saya mengucapkan terimakasih setinggi-tingginya kepada Ikatan Dokter Indonesia yang telah memilih Kabupaten Limapuluh Kota untuk acara pengabdian masyarakat ini," ujarnya.

Dirinya berharap dihari jadi IDI ke-68 serta dengan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan IDI ini, peran dan fungsi dokter dapat ditingkatkan dalam memberikan pelayanan kesehatan secara prima kepada masyarakat.

“,Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kita dalam pemenuhan kesehatan­nya, semoga dengan momen hari jadi IDI ke 68 ini dapat meningkatkan peran serta fungsi dokter dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat kedepannya,” pungkasnya. (rel)
 
Top