N3,Sarolangun ~ Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) memiliki peran strategis. Terutama dalam menegakan peraturan daerah, melaksanakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, serta perlindungan masyarakat. Hal ini membuat Satpol PP harus terus berbenah dan meningkatkan SDM yang dimiliki.

"Pelatihan Upgrading Satpol PP Sarolangun 2018 ini diharapkan akan membawa dampak positif dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kemampuan, serta menambah wawasan anggota Satuan Polisi Pamong Praja untuk menunjang pelaksanaan tugas sehari-hari selaku penegak peraturan daerah," kata Kasat Satpol PP Sarolangun Riduan,saat membuka pelatihan Upgrading,di ruang aula Kantor Kesbangpol,Senin (17/12/2018).

Ditambahkannya, salah satu urusan  wajib yang diserahkan kepada daerah adalah penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman  masyarakat. Tugas ini sangat strategis, karena Satpol PP sekarang ini di dalamnya juga  menyelenggarakan fungsi perlindungan masyarakat (Linmas).

Di sisi lain, lanjutnya, beberapa bulan lagi akan menghadapi pesta demokrasi,yaitu pemilu serentak 2019,Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden,DPRD dan DPD. Kelancaran pelaksanaan pesta demokrasi ini juga menjadi salah satu tanggung jawab Satpol PP dalam mempersiapkan aparat hansip untuk membantu menjaga keamanan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Dari banyaknya tugas dan fungsi Satpol PP, upgrade atau peningkatan kualitas dan kuantitas harus terus dilakukan. Tujuannya, agar bisa terlaksananya pemerintahan yang baik dan bersama-sama mewujudkan Sarolangun lebih maju dan sejahtera,"sebut Riduan.

Sedangkan Ketua pelaksana yang sekaligus Kabid Per UU Satpol PP Sarolangun,Dedi Agrawan dalam laporannya menyebutkan,jika pelatihan Upgrading ini dilaksanakan selama 4 hari yang mengambil tema "Melalui Pelatihan Upgrading Kita Tingkatkan Kinerja Satpol PP Yang Handal dan Profesional Dalam Menegakkan Peraturan Daerah Dan Peraturan Kepala Daerah".

"Pelatihan ini diikuti oleh sebanyak 30 peserta anggota Satpol PP Sarolangun. Sebagai narasumber Danramil Sarolangun Mayor.CHB Mento Merry. Dimana gunanya untuk meningkatkan kemampuan aparatur Satpol PP baik secara fisik dan mental serta memiliki kemampuan dengan pengetahuan,keterampilan,sikap dan perilaku disiplin guna menunjang tugas pokoj dan fungsinya sehingga terciptanya Satpol PP yang profesional,tegas dan humanis,"ucap Dedi Agrawan. (SRF)
 
Top