Magelang, - Untuk mewuju
dkan kemandirian pangan dan swasembada pangan nasional Babinsa Sewukan Koramil 15/Dukun Serda Sumarno terus melaksanakan pendampingan panen padi di lahan seluas 0,2 hektar milik Supangat, salah satu anggota kelompok tani Ngudi Makmur Dusun Wuni, Minggu (02/12).

Kegiatan pendampingan panen padi merupakan wujud nyata upasa kusus Babinsa dalam rangka ikut berperan aktif dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional, khususnya ketahanan pangan masyarakat di desa binaannya masing-masing.

"Dengan hadirnya Babinsa dan PPL yang semakin intensif ditengah-tengah petani, setidaknya mampu memberikan motivasi kepada para petani, baik dalam mengolah lahan maupun kegiatan tani lainnya", kata Supangat di sela - sela panen padi,

Masih kata supangat Babinsa bersama dengan PPL terus berupaya meningkatkan hasil panen petani dengan memberikan penyuluhan dan praktek di lapangan sehingga dari musim ke musim produksi padi petani semakin meningkat. Semua anggota kelompok tani berharap pendampingan yang dilaksanakan ini terus berlanjut.

Sementara Sumarno mengatakan setelah panen petani dirinya menghimbau kepada para petani agar segera menyiapkan lahan untuk di tanami kembali karena saat ini sudah memasuki musim penghujan.

"Kami berharap para petani dalam mengolah lahan sesuai dengan anjuran dari PPL dan Babinsa sehingga hasil npanen nantinya bisa terus meningkat dan kwalitas padinya juga bagus" tutur Sumarno.

Pada kesempatan terpisah PPL Desa Sewukan Priyanto mengatakan bahwa para petani saat ini dalam mengolah lahan sudah banyak yang mempergunakan pola tanam yang baik dan benar sehingga menurut panrauannya hasilnyapun terus mengalami peningkatan.

"Tidak dipungkiri masih banyak juga petani yang menggunakan cara tradisional, tapi melihat hasil tani dengan cara modern hasilnya lebih bagus, lambat laun para petani akan menggunakan cara yang lebih modern" pungkasnya.( pendimmgl )
 
Top