N3, Padang - Pagi ini, Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah langsung memimpin upacara bendera di SMPN 3 Padang sekaligus mengucapkan teks butir butir Pancasila dengan lantang yang diikuti gemuruh seluruh siswa-siwi dan majelis guru SMPN 3 Padang. 

Pada kesempatan itu, Ia mengapresiasi dan memuji paskibraka siswa-siswi SMPN 3 Padang yang telah memperlihatkan kekhusukan dan kedisplinan yang terkoordinir dengan baik, saat mengibarkan bendera sang saka merah putih. 


Ini merupakan ciri-ciri generasi Pemuda-pemudi harapan bangsa yang bakal mendulang sukses dalam hidupnya. Namun untuk mendapatkannya, sebagai motivasi, ada 3 hal yang perlu diperhatikan 


Pertama, kita harus ber iman, karena dengan mendekatkan diri kepada Allah, maka segala sesuatunya bisa diraih. Apabila kita tidak ber iman, maka kita akan mudah diprovakasi dan dihasut oleh pihak-pihak yang memecah belah bangsa ini.


Kedua, Ber ilmu, sebab manusia yang mempunyai ilmu pengetahuanlah yang bakal bermanfaat bagi dirinya dan orang lain. Dengan ber ilmu maka kita bisa dipandang sejauh mana kualitas diri kita ditengah masyarakat. 


Dan yang ke Tiga, Bersatu, mari jaga persatuan dan kesatuan antar sesama. Dengan bersatu, sesuatu yang sulit akan menjadi mudah. Yakinlah, Allah akan melimpahkan rahmat dan hidayahnya terhadap umat yang bisa menjaga tali persaudaraan dan silaturahminya.


"Kalian harus siap menjadi orang besar, menjadi pemimpin-pemimpin di negeri ini dan harus siap membangun bangsa," kata Mahyeldi dalam amanatnya.


Sebanyak 476 siswa yang berbaris rapi, serentak mengepalkan dan gegap gempita  menjawab "Siaap...!"


Suasana keakraban pun berlanjut, tanpa memandang status, Mahyeldi langsung mendatangi dan menyalami satu persatu siswa-siswi SMPN 3 Padang sambil melakukan foto bersama.

Setelah upacara selesai, Walikota Padang menerima sebuah cendera mata  artistik hasil karya para siswa bergambar lukisan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah.

Kemudian, dengan didampingi Kepala SMPN 3 Padang Tanggo Olina, Mahyeldi melakukan peninjauan sarana dan prasarana pendukung sekolah yang ada.  Mulai dari ruang perpustakaan, toilet, Mushalla, ruang UKS, ruang guru serta taman sekolah.

Kepala Sekolah SMPN 3 Padang Tanggo Olina saat dimintai komentarnya mengatakan, bahwa kehadiran Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah ke sekolah ini merupakan suatu kehormatan bagi pihak sekolah, karena kehadirannya dapat memotivasi peserta didik untuk meningkatkan kualitas belajarnya.

Dijelaskannya, rata-rata siswa SMP 3 Padang berasal dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi. Umumnya orang tua siswa adalah nelayan dan bekerja serabutan. Sehingga sehari-hari siswa dipengaruhi lingkungan keluarga dan tempat tinggal yang agak keras.

"Dengan latar belakang seperti itu kami melakukan pembinaan lebih ekstra terhadap siswa. Disamping memberikan pelajaran dan pendidikan kami di sekolah ini sama dengan mengasuh," ungkap Tanggo.

Tidak lupa atas nama seluruh jajaran sekolah, Ia mengucapkan terimakasih atas perhatian dan keluangan waktu Walikota Padang untuk datang dan memberi semangat belajar bagi siswa.

Mudah-mudahan, kehadiran Walikota Padang ini dapat bermanfaat bagi siswa, guru dan sekolah kedepannya.
 
Top