Foto Bersama Dengan Tim Asesor Penilai Akreditasi Sekolah
N3, Padang ~ Untuk meningkatkan kualitas pendidikan proses belajar dan mengajar sekolah, hari ini tim Asesor Penilaian Akreditasi Sekolah dari Dinas Pendidikan Sumatera Barat mengunjungi SDN 37 Komplek Alang Lawas Koto Kecamatan Padang Selatan Kota Padang dalam rangka melakukan penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan pendidikan atau program pendidikan yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk sertifikat pengakuan dan peringkat kelayakan yang dikeluarkan oleh suatu lembaga yang mandiri dan profesional.

Tim Asesor Tinjau Ruang UKS
Nah dalam proses akreditasi sekolah itu, ada beberapa dukumen atau administrasi yang harus dipersiapkan, diantaranya, 1. KTSP / Kurikulum, 2. kalender pendidikan, 3. buku pelajaran, 4. Berita acara rapat dan daftar hadir (guru, komite dan tokoh masyarakat), 5. Referensi pengembangan Kurikulum (berupa buku panduan dalam penyusunan KTSP), 6. SK tim pengembang kurikulum, 7. Dokumen RPP, 8. Program pengembangan diri (program layanan bimbingan konseling dan program ekstrakurikuler), 9. Dokumen tugas siswa (Tugas terstruktur dan tugas mandiri tidak terstruktur), 10. Silabus pembelajaran, 11. Berita acara pengembangan KTSP dan silabus tiap mata pelajaran, dan 12. Berita acara penetapan KKM dan daftar hadir.

Tim Asesor Monitoring Ruang Kepsek dan Guru
Ini dikatakan Tim Asesor Penilaian Akreditas Sekolah Y. Aman bersama Drs, Afrizal yang juga menjabat sebagai tim pengawas SMA Dinas Pendidikan Sumatera Barat, diruang kelas SDN 37 Padang Alang Lawas dalam sambutannya pada acara kunjungan tim penilaian akreditasi sekolah SDN 37 Padang Alang Lawas Kecamatan Padang Selatan Kota Padang.

Menurutnya, tujuan kedatangan dari tim asesor ini untuk memotret gambaran keadaan sekolah yang berkualitas, baik dari pendidikan, kebersihan, administrasi, eskul, reward, peran serta walimurid dan masyarakat serta sarana dan prasarana pendukung. Sehingga bisa memberikan jaminan mutu pendidikan yang baik kepada siswa, ucap Y. Aman.

Sambutan Ketua Pengawas SD Suardi
Sebelumnya Suardi selaku Pengawas UPT SD di Kecamatan Padang Selatan, telah meminta kepada tim Asesor Penilaian Akreditasi Sekolah agar selain memberi penilaian, tim Asesor juga dapat memberi masukan-masukan pembinaan yang bersifat positif untuk kemajuan SDN 37 Padang Alang Lawas Koto kedepannya.

Dan dipenghujung pengabdiannya jelang pensiun ini, Ia sangat berharap rmudah-mudahan dengan segala upaya bukti nyata dan kegigihan Kepala Sekolah, para guru, walimurid serta dukungan pihak-pihak lainnya untuk meningkatkan kualitas sekolah kearah yang lebih baik, dapat memperoleh hasil penilaian yang terbaik dari tim Asesor penilaian akreditasi sekolah, sehingga SDN 37 mendapat memetik buah dari kerja keras mereka.

Tim Asesor Saat Tinjau Ruang Pustaka
Untuk mendukung harapan pengawas UPT SD Suardi diatas, pada kesempatan itu Kepala Sekolah SDN 37 Padang Alang Lawas Ribosnita kemudian dengan lugasnya mempresentasikan seluruh aktifitas mulai dari proses kegiatan belajar mengajar, dan peningkatan sarana dan prasarana semenjak Ia mengemban kepercayaan sebagai kepala sekolah SDN 37 Alang Lawas pada tahun 2017.

Tim Asesor Tinjau Kantin Sekolah
Diakuinya, seluruh yang telah Ia lakukan ini tidak terlepas atas kerjasama dan dukungan para guru, komite, dan walimurid yang selalu memberi masukan dan mendukung setiap program kerjanya dalam meningkatkan mutu dan kualitas sekolah.

Terkait dengan persiapan kunjugan tim Asesor Penilaian Akreditasi Sekolah, Ribosnita menjelaskan bahwa pihak sekolah tidak merasa terbebani, Karena segala sesuatunya adalah persyaratan administrasi dan merupakan administrasi kegiatan sehari-hari, bulanan maupun tahunan. Selain itu, apa yang telah Ia perbuat bersama-sama para guru, komite dan walimurid bukanlah untuk sebuah prestise, tetapi wujud dari sebuah kepedulian dan pengabdiannya kepada dunia pendidikan.
Tim Asesor Tinjau Ruang Mushalla dan Aula Guru
Namun sebagai insan biasa, yang tidak lepas dari harapan, Ia tentu berharap agar prediket sekolah SDN 37 Padang Alang Lawas mendapatkan nilai terbaik dengan akreditasi A. Sehingga menjadi motivasi bagi para guru, komite dan walimurid dalam berbuat, memajukan dan mengangkatkan mutu kualitas dunia pendidikan, harap Ribosnita mengakhiri.
Hadir pada kesempatan itu, perwakilan unsur dari Ketua Komite, Pengawas UPT SD, Lurah Alang Lawas Koto, Bhabimkamtibmas dan perwakilan Walimurid. Nal Koto

 
Top