N3, Solok - Danau Singkarak yang terletak di Kabupaten Solok, adalah sebuah danau dengan luas 107,8 km². Danau yang membentang di dua kabupaten yakni kabupaten Solok dan kabupaten Tanah Datar ini, merupakan danau terluas ke-2 di pulau Sumatera. Kemolekan panorama Danau Singkarak, dipastikan bakal mampu menyedot perhatian dari 95 pembalap yang tersisa di etape ke III TDS 2018.

Start pada pukul 10.00 WIB di Dermaga Singkarak dan finish di Istano Basa Pagaruyuang, Kabupaten Tanah Datar pada pukul 13.41 WIB, seluruh pembalap yang tersisa, diyakini tidak hanya berpacu menjadi yang tercepat. Namun, juga akan berpacu menikmati suguhan keindahan alam Danau Singkarak.

Selain merupakan objek wisata potensial Kabupaten Solok dan Tanah Datar, Danau Singkarak juga sudah menjadi ikon dari sport tourism tour de singkarak. Setiap tahun, angka kunjungan wisatawan di objek wisata ini terus meningkat.

Tidak hanya itu saja, dimasing-masing titik atau rute yang dilintasi seperti di, Saniang Baka, Batu Taba, Simpang Kubu Karambia, Simabur, Pasar Batusangkar, Gd Indojalito, dan Gedung Nasional, juga menawarkan keindahan dan kearifan lokal yang beragam.

Di Etape ke III yang hanya diikuti 95 pebalap ini, lantaran pada etape sebelumnya, ada Dua pembalap yang tidak ikut start, Lima pembalap keluar ditengah jalannya perlombaan dan, Dua pembalap lagi didiskualifikasi.


Dua titik King Of Mountain yang terdapat di kawasan Malalo dan Batipuh, serta Tiga titik sprint masing-masing di Malalo, Batipuh dan terakhir di Pagaruyuang, menjadi rintangan yang harus dilalui setiap pembalap. Mereka akan beradu cepat dan kuat untuk menyabet gelar raja sprint dan raja tanjakan di etape ini. (***)
 
Top