Pohon Mahoni yang diperkirakan telah berumur satu abad
yang ada sejak zaman belanda  (Photo:nal)
N3,Sarolangun, Pohon Mahoni besar yang berada dikawasan pusat kota sarolangun tepatnya berada di RT.02 RW 01 Parak Ubi kelurahan Pasar sarolangun direncanakan bakal ditebang. Pohon mahoni yang ada sejak dulu kurang lebih telah berumur satu abad tersebut diusulkan oleh warga setempat kepada pemerintah daerah untuk ditumbangkan atau ditebang. Informasi itu disampaikan langsung oleh lurah pasar sarolangun.

Kepada Nusantaranews.net Junaidi, M.Pd.I mengatakan, usulan warga bahwa Pohon Mahoni yang ada dikelurahan pasar untuk segera ditumbangkan dalam waktu dekat akan dilaksanakan,

" Dalam waktu dekat ini kita akan melaksanakan penebangan pohon mahoni yang ada di kelurahan pasar akan segera kita sumbangkan. Sebenarnya itu telah lama dilaporkan oleh warga mengingat anggaran jadi baru sekarang kita tindak lanjuti. Pada saat pelaksanaan eksekusi, kita melibatkan masyarakat RT dan RW sifatnya gotong royong. Dan kita bekerjasama dengan pihak Perkim (tata kota) dan PLN ". Jelas Junaidi, M.Pd.I Lurah Pasar Sarolangun.

Menurut keterangan salah seorang warga, Pohon mahoni yang besar telah ada sejak zaman belanda. Dulu, pohon mahoni ada beberapa sekarang hanya tinggal satu pohon yang akan ditebang. 

" Kami usulkan kepada pemerintah untuk menebang pohon mahoni ini. Karena cabangnya mengganggu kabel listrik jika hujan angin menimbulkan percikan api ". Ungkap salah seorang warga.

Disamping itu lurah pasar membenarkan bahwa keberadaan pohon mahoni yang memiliki cabang apabila hari hujan angin mengganggu kabel listrik,

" Benar, dahan pohon apabila hujan berangin akan menimbulkan percikan api. Makanya kita bekerjasama dengan PLN untuk mengatasi keluhan warga tersebut. Dan juga pohon mahoni sudah sangat tua dan dalam keadaan lapuk yang tentunya dapat mengancam keselamatan warga yang bermukim  disekitar pohon tersebut ". Tandasnya (nal)
 
Top