N3,Sarolangun ~ Salah satu di antara elemen dan indikator yang paling mendasar dari keberhasilan dan kualitas pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu yang demokratis adalah adanya keterlibatan masyarakat secara aktif dalam proses berjalannya tahapan-tahapan Pemilu, khususnya dalam hal pengawasan atau pemantauan proses pemilu.

Hal ini disebutkan oleh Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Sarolangun,Johan Iswandi,S.P dalam sosialisasi Pengawasan Pemilu 2019,dimana peran dan partisipasi masyarakat sipil dalam mengawasi atau memantau jalannya proses Pemilu merupakan hal yang sangat penting.

"Partisipasi masyarakat bertujuan mendorong aktifnya kegiatan demokrasi untuk semua proses kepemiluan,"ujar Johan Iswadi.

Secara prinsip,Pemilu atau pesta demokrasi merupakan partisipasi seluruh rakyat dalam mengambil keputusan-keputusan politik dan menjalankan pemerintahan.Keputusan politik yang dimaksud adalah kesepakatan yang ditetapkan menjadi sebuah aturan yang akan mengatur kehidupan seluruh rakyat itu sendiri.

"Keterlibatan atau partisipasi rakyat adalah hal yang sangat mendasar dalam Pemilu,karena Pemilu tidak hanya berkaitan dengan tujuan sebuah ketetapan yang dihasilkan oleh suatu pemerintahan, tetapi juga berkaitan dengan seluruh proses dalam membuat ketetapan itu sendiri,"jelasnya.

Lebih lanjut Johan Iswadi,S.P menambahkan,partisipasi masyarakat, baik dalam bentuk formal maupun ekstra formal dalam ikut serta mengawasi atau memantau jalannya penyelenggaraan pemilu, jangan dipandang sebelah mata. Karena, eksistensinya dapat mencegah tindakan-tindakan pelanggaran Pemilu. (SRF)
 
Top