Babinsa sudah melekat di masyarakat. Perannya ditengah masyarakat terbukti cukup mampu menjalin kedekatan TNI dan masyarakat.

Tugas pokok dan fungsinya, baik urusan pertanian, penghijauan, kebudayaan, pendidikan di wilayah dan masih banyak yang ada di masyarakat sudah jadi pekerjaan sehari hari dengan masyarakat, bahkan untuk karya bhakti hampir setiap saat di lakukan juga peran yang penting dengan adanya TMMD dari proses awal data dan hingga pelaksanaan TMMD peran Babinsa sangat penting dan tidak dipandang sebelah mata.

Hal ini seperti disampaikan Dandim 0311/Pessel Letkol Arh Wahyu Akhadi, SH., bahwa peran Babinsa sangat penting, setiap masalah dan apa yang akan di programkan untuk masyarakat Babinsa duluan yang mendatangkan dan melaporkan hasilnya ke Danramil, baru di laporkan ke Dandim baru di proses dan data mana yang harus di gunakan seperti TMMD sebelum di kerjakan di cek dan di tinjau baik oleh tim Kodim maupun Pemkot.

Seperti halnya program TMMD ke 103 Kodim 0311/Pessel kali ini, Babinsa beserta anggota lainnya juga bekerja untuk membantu untuk kelancaran pekerjaan dan data semua Babinsa sudah mengetahui sehingga pertama yang di cari di lokasi pasti Babinsa setempat karena sangat mengetahui detail wilayah  tersebut.

Peran TNI dan Babinsa dalam memberi kontribusi terhadap sektor apapun yang ada di masyarakat.

Patut diberi acungan jempol, karena Babinsa yang tadinya lihai memainkan senjata kini dia berperan bisa mampu segalanya dan bahkan sebagai ujung tombak TNI-AD, mungkin angkatan perang Indonesia satu-satunya yang  mampu menjadi pembimbing, motivator, fasilitator, dinamisator dan inovator bagi masyarakat di lapangan.
 
Top