N3 Limapuluh Kota - Untuk terus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) serta untuk menekan angka pengangguran di kabupaten Limapuluh Kota, Pemkab Limapuluh Kota melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja kembali mengirimkan putra putri daerahnya untuk mengikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) ke Balai Besar Pengembangn Latihan Kerja (BBPLK) Kementerian ketenagakerjaan RI di Kota Medan.

Pelepasaan peserta pelatihan berbasis kompetensi tersebut dilakukan langsung oleh Kabid Ketenagakerjaan, Afrizal yang berpusat di halaman Kantor Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Limapuluh Kota, Sarilamak, Rabu (28/11).

Afrizal mengatakan pengiriman pelatihan yang dilakukan dinas perindustrian dan tenaga kerja Limapuluh Kota ini adalah salah satu bentuk komitmen dan kepedulian yang terus digaungkan oleh Bupati Kabupaten Limapuluh Kota Ir. H. Irfendi Arbi dalam menekan angka pengangguran di Kabupaten Limapuluh Kota.

"Kegiatan pengiriman pelatihan tenaga kerja ini bertujuan untuk memberikan bekal untuk pemuda kita agar kedepan para pemuda kita mempunyai skil dan dapat bersaing didunia kerja," ujarnya.

Dilaporkanya, saat ini dinas perindustrian dan tenaga kerja mengirimkan sebanyak 16 orang pemuda pemudi Limapuluh Kota untuk nantinya langsung dikirim ke Balai Besar Pengembangn Latihan Kerja (BBPLK) kota Medan.

"Kali ini kita mengirimkan 16 orang pemuda kita, yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 3 orang perempuan, dengan dua bidang jurusan yaitu bidang teknik bangunan dan bidang pariwisata," sambungnya.

Selanjutnya Afrizal mengatakan, para peserta ini nantinya akan dilatih fisik, mental, kedisiplinan, serta skill/keahlian dibidangnya masing-masing selama 1 bulan,"pungkasnya.

Disamping itu Afrizal menambahkan bahwa, pemuda yang akan mengikuti pelatihan kerja ini nantinya juga akan mendapatkan sertifikat kompetensi, sehingga dapat mempermudah para peserta untuk melamar pekerjaan atau membuat usaha sendiri.

Sementara itu, Bupati Limapuluh Kota, H.Irfendi Arbi sangat saat diminta keterangannya sangat mengapresiasi kegiatan pengiriman pelatihan tenaga kerja yang dilakukan oleh dinas perindustrian dan tenaga kerja tersebut.

Ia berharap, melalui pelatihan itu mampu memberikan bekal dan keterampilan kepada para pemuda, serta dapat mengurangi jumlah pengangguran di daerah yang ia pimpin.

“Lapangan kerja merupakan salah satu masalah yang menjadi perhatian serius di Limapuluh Kota. Kita berharap melalui kegiatan-kegiatan pengiriman pelatihan tenaga kerja ini mampu  meningkatkan kualitas SDM didaerah kita, sehingga angka pengangguran dapat terus berkurang kedepannya,” ungkapnya.

Dikatakanya,terkait dengan masalah ketegakerjaan ini, Pemerintah Kabupaten Limapuluh akan terus berupaya mencarikan jalan keluarnya, guna menekan angka pengangguran dan kemiskinan didaerahnya.

"Salah satu contoh kepedulian kita adalah dengan terus malakukan pengiriman para pemuda usia produktif kita untuk terus mengikuti berbagai pelatihan keterampilan serta bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menyalurkan pencari kerja tenaga kerja," pungkasnya. (rel)
 
Top