MAGELANG ---- Puluhan siswa yang kedapatan tidak di kelas pada jam belajar diamankan oleh Tim Gabungang di seputaran terminal Borobudur, Senin (12/11). Tim Gabungan dibawah kendali Dinas Pendidikan Kabupaten Magelang sengaja menggelar kegiatan penertiban bagi siswa siswi yang kedapatan keluyuran di tempat - tempat umum pada  jam belajar.
Dinas Pendidikan Kabupaten Magelang menggandeng Kodim 0705/Magelang, Polres Magelang, Kemenag dan Satpol PP untuk melaksanakan penertiban pelajar tersebut.
Di Komplek Terminal Borobudur, tim berhasil mengamankan 10 orang siswa yang sedang nongkrong di salah satu sudut terminal. Para siswa yang berasal dari sekolah swaata yang ada di Muntilan dan Borobudur tersebut  diamankan dan selanjutnya dibawa ke Polsek Borobudur.
Satu persatu mereka didata, kemudian tim menghubungi sekolah yang bersangkutan. Selain itu, para siswa yang terjaring operasi juga diminta menghubungi orang tua masing - masing.
Setelah diberikan pengarahan oleh tim gabungan, selanjutnya siswa tersebut diserahkan kepada pihak sekolah dan orang tuanya.
Nurkholik, S.Pd, M.Pd yang turut dalam kegiatan mengatakan tujuan dari kegiatan penertiban ini adalah untuk menekan kegiatan siswa-siswi yang  keluyuran / bolos. Sejatinya sasaran dari kegiatan ini difokuskan pada siswa SMP dan yang sederajat yang menjadi tanggung jawab Dinas Pendidikan Kabupaten Magelang. Namun karena ditemukan adanya siswa sekolah lanjutan yang kedapatan nongkrong di luar kelas pada jam belajar, maka tim mengambil langkah untuk memberikan pembinaan seperlunya. Tim gabungan juga berkordinasi dengan Balai Pengendali Pendidikan Menengah dan Khusus (BP2MK) sebagai penanggung jawab untuk tingkat SMA/SMK.
"Dengan adanya kegiatan seperti ini diharapkan para siswa tidak lagi keluyuran pada jam belajar" ujar Nurkholik.
 
Top