N3 Payakumbuh - Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMPN 4 Payakumbuh dengan antusias menyambut dan merayakan hari guru tahun 2018. Kegiatan ini langsung diadakan selesai upacara Peringatan HUT PGRI Kota Payakumbuh, Senin (26/11/).

Langsung hari ini dilaksanakan agar waktu efektif belajar tidak terganggu, Mardiyus, M.Pd. kepala SMPN 4 Payakumbuh mengawali keterangan nya. Berbagai lomba digelar untuk kebahagiaan guru guru mereka. Khusus lomba untuk guru diadakan lomba memasak gulai jengkol dan daun ubi serta sambal ikan Sarai.

Lomba kreatif ini dikhususkan bagi bapak-bapak guru. Aneh memang, tapi semua itu dilakukan sebagai kemandirian kaum bapak walaupun itu pekerjaan ibu-ibu. Semangat kerja dan kekompakan masing masing kelompok menghidupkan suasana dihari itu. Mereka ingin memberikan bukti bahwa bapak-bapak juga bisa.

Di pojok lain terlihat bu guru pun berlomba membuat jus kreasi dalam kelompok masing-masing mata pelajaran. Ditengah kesibukan itu dilapangan upacara terlihat pekikan riuh gempita siswa memberikan semangat kepada ibu guru mereka yang sedang berlomba pacu karung dan pacu belut. Hari itu hilang semua kelelahan yang terpancar rasa senang dan gembira diwajah setiap guru.

“Kegiatan lomba tidak hanya untuk guru, tapi hari itu semua siswa-siswi juga ingin keluar sebagai pemenang dalam lomba kelas memasak kue tradisional. Hal ini bertujuan menimbulkan rasa suka dan cinta anak-anak terhadap kue tradisional yg tidak tersentuh bahan-bahan yang tidak sehat,” ujar Mardiyus.

Apalagi dalam sekolah sehat siswa dihimbau untuk tidak belanja makanan siap saji apalagi mie. Demikian Mardiyus M.Pd. Kepala SMPN 4 menambahkan keterangannya.

Disamping itu juga dilaksanakan lomba perorangan bagi siswa dalam membuat dan membaca puisi untuk guru. Kegiatan diakhiri dengan makan bersama guru dan siswa serta minum jus bersama hasil masakan yang diperlombakan tadi.

Pada pagi Jumat ini selesai acara muhadarah dibagi hadiah kepada masing masing pemenang baik lomba guru maupun lomba siswa. Penyerahan hadiah diawali dengan penyerahan bunga dari siswa kepada seluruh guru,” tambah mantan Kepala SMPN 3 Payakumbuh ini. (Rahmat Sitepu)
 
Top