MAGELANG,-- anggota Koramil 14/Muntilan membantu warga dalam hal membuat jamban untuk warga yang kurang mampu di Dusun Kalangan Rt 02/02 Desa Adikarto Kecamatan Muntilan, Jum’at (09/11).

"Pembuatan jamban sehat ini merupakan program dari satuan atas yang dilaksanakan oleh Koramil jajaran Kodim 0705/Magelang dan dilaksanakan diseluruh wilayah Kota dan Kabupaten Magelang” kata Danramil 14 / Muntilan Kapten Arh Suhadi.

Dalam rangka mendukung program pemerintah tentang jambanisasi bagi masyarakat kurang mampu atau yang belum memiliki jamban sendiri, dalam hal ini Koramil Muntilan akan senantiasa siap membantu masyarakat sebatas kemampuan yang ada.

“Sasaran pembuatan dan pemberian jamban diprioritaskan bagi masyarakat kurang mampu yang belum punya jamban” kata Danramil.

Dia juga menyampaikan bahwa program pembuatan jamban tersebut merupakan penyediaan sarana sanitasi jamban sehat  berbasis masyarakat, sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat untuk stop Buang Air Besar (BAB) sembarangan.

Dia juga menjelaskan, program "Stop BAB Sembarangan" ini dilakukan melalui kegiatan penyuluhan yang bersifat education, guna memberikan ilmu dan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya kesehatan lingkungan dan pembuatan jamban, sehingga masyarakat akan lebih memahami pola hidup sehat.

“Kegiatan pembuatan jamban ini merupakan wujud Karya Bakti TNI untuk kepentingan masyarakat, yang meliputi bidang fisik dalam rangka memantapkan Kemanunggalan TNI dan Rakyat” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, warga yang mendapat bantuan jamban, Bp Muhajir (85) mengatakan, dengan adanya program dari Koramil, Alhamdulillah keluarganya akan sangat terbantu.

"Dan kami ucapkan terima kasih kepada Koramil dan anggotanya khususnya kepada Babinsa desa Adikarto Bp Budiharto yang selalu ada bersama kami, tuturnya.(*)
 
Top