N3,Sarolangun ~ Dinas Kopperindag Kabupaten Sarolangun mengungkapkan dugaan sementara penyebab kelangkaan elpiji 3 kg di Sarolangun.Menurut Kepala Bidang Perdagangan M.Amin Faisal, kelangkaan gas yang sejatinya diperuntukkan bagi warga miskin ini diakibatkan penyaluran yang tidak tepat sasaran.

Hal ini dibeberkan berdasarkan hasil Inspeksi Mendadak (Sidak) Dinas Kopperindag yang dilakukan di tiga rumah makan di kawasan Pasar Sarolangun.

"Kita sudah lakukan Sidak di tiga tempat.Salah satunya di rumah makan, benar adanya kita temukan pemilik menggunaan elpiji 3 Kg,"sebut Amin Faisal.

Dari temuan tersebut, lanjut Amin Faisal jika tidak menutup kemungkinan masih banyak rumah makan atau usaha lainnya yang turut menggunakan elpiji bersubsidi itu.Dengan kata lain, masyarakat mampu seharusnya sadar dan tahu diri,bahwa elpiji 3 Kg hanya untuk masyarakat yang tidak mampu.

"Padahal sudah jelas, elpiji 3 Kg hanya diperuntukkan bagi masyarakat tidak mampu.Dengan tertera tulisan besar ditabung "Hanya Untuk Orang Miskin".Berarti untuk masyarakat dengan penghasilan dibawah Rp1,5 juta,sedangkan untuk masyarakat yang penghasilan di atas itu tidak bisa,"tegasnya.

Selain persoalan penyaluran yang tidak tepat sasaran, kelangkaan juga disinyalir akibat adanya penimbunan yang dilakukan oleh oknum tertentu.

"Kita akan segera selidiki. Agar persoalan yang sudah menjadi isu nasional ini cepat selesai, serta tidak menimbulkan kepanikan dan menyulitkan masyarakat,terutama masyarakat yang kurang mampu,"pungkas Amin Faisal.  (SRF)
 
Top