N3 Payakumbuh - Dalam rangka persiapan TdS 2018, Kota Payakumbuh melaksanakan gladi pelaksanaan TdS Etape VI, Jumat (2/11) pagi. Lepas dari Start Lapangan Merdeka Solok – Ombilin – Batusangkar – Baso – PLTA Agam – Simp Batu Hampar – Simp Piladang-Kantor Balaikota Payakumbuh – Limbukan – Simp Aur Kuning – Labuh Basilang – Tugu Adipura – Simp Benteng – Simp Talawi – Simp Parik – Simp Lampasi – Simp Kasda – Lalu finish di Ngalau Indah Payakumbuh. Itulah rute Etape VI Tour de Singkarak 9 November 2018. Rute ini ditempuh 105 km mulai dari pukul 14.00 WIB bakal finish diperkirakan 16.46 WIB.
Kasat Lantas Polres Payakumbuh selaku penanggung jawab jalur, mengatakan gladi ini dilakukan untuk dua etape sekaligus. Etape VI finish lokasi di Ngalau Indah. Sementara, sehari sebelumnya Etape V start dari Sarilamak Simp Tj Pati – Simpang Batu Balang – Taram – Andaleh – Simpang Andaleh – Simpang Labuah Basilang – Simpang Limbukan – Simpang Balai Panjang – Simpang Piladang – Simpang Batu Hampar – PLTA Agam – dan Finis di Kantor Bupati Pasaman.
“Sebagian Etape V, sehari sebelumnya, Kamis 8 November 2018 melewati wilayah hukum Polres Payakumbuh. Kita siap dengan personil,” ujar Kasat Lantas Polres Payakumbuh Iptu Andika Fathoni di lokasi gladi finish.
Tour de Singkarak 2018 akan digelar delapan etape dengan melibatkan 15 dari 19 kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Barat. Delapan etape ini akan menempuh rute sepanjang 1.100 kilometer.
Tour de Singkarak rencananya akan digelar pada 3-11 November 2018. “Dimulai dari Kota Bukittinggi dan berakhir di Kota Pariaman,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh Hj Elfriza Zaharman bersama Kabid Pemasaran Pariwisata Hadiatul Rahmat, juga di lokasi.
“Tahun 2019, 18 kabupaten dan kota harus ikut serta,” kata Wakil Gubernur Nasrul Abit soal tahun ini 15 Kabupaten/Kota yang ikut serta di Padang beberapa waktu lalu.
Anggaran pun dari pemerintah pusat untuk Tour de Singkarak 2018 sekitar hanya Rp600 juta. Anggaran itu menyusut dari tahun-tahun sebelumnya. Penyusutan bertujuan untuk mendorong Tour de Singkarak dikelola secara mandiri (Rahmat Sitepu)
 
Top