MAGELANG,– Untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan bela negara serta wawasan kebangsaan, Hari ini Kapten Arm simin Danramil 02/kaliangkrik, Kodim 0705/Magelang memberikan materi wawasan kebangsaan kepada para siswa-siswi SMPN 1 kaliangkrik yang dilaksanakan pada Senin (26/11).

Kegiatan ini  merupakan salah satu metode pembinaan teritorial Koramil 02/Kaliangkrik terhadap wilayah binaannya, juga merupakan salah satu usaha dan kegiatan yang berhubungan dengan perencanaan, pengerahan dan pengendalian dalam rangka mewujudkan ketahanan yang dinamis di suatu wilayah. Dengan meningkatkan kepekaan, kesadaran dan partisipasi masyarakat dan generasi muda dalam menangkal setiap potensi ancaman terhadap kedaulatan dan keutuhan NKRI.

Dalam kesempatan tersebut Danramil mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk rasa tanggung jawab TNI-AD dalam mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan hidup di masa depan, kegiatan pembekalan terbebut juga sebagai upaya membentuk mental generasi penerus bangsa dengan menanamkan sikap disiplin, rasa tanggung jawab, dan moral yang baik.

“Dengan diberikannya materi Wawasan Kebangsaan maka diharapkan generasi muda akan lebih cinta tanah air dan mempunyai jiwa patriotisme, sehingga bangsa Indonesia tidak akan mudah dipecah-belah oleh pihak manapun” paparnya.

Para siswa yang mengikuti  materi Wasbang juga diberikan penekanan tentang bahaya narkoba dan miras, dampak dari pergaulan bebas yang dapat merusak generasi muda sehingga tidak terjerumus hal yang negatif demi berlangsungnya kelancaran pembangunan Bangsa dan Negara.

“Pembekalan ini sangat penting guna mendidik mental siswa dalam menghadapi  tantangan kemajuan zaman kedepan,dimana banyak rintangan dalam meraih cita cita bangsa ini, sehingga para siswa ini kelak sudah memiliki mental yang kuat dan pantang putus asa dalam meraih cita citanya dihari depan” pungkasnya. (pendimmgl)
 
Top