Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103  Kodim 0311/Pessel di Nagari Lakitan Tengah Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan, besok Selasa (13/11) telah selesai dilaksanakan. Dibalik kepulangan para tentara kembali ke kesatuannya besok menyimpan banyak cerita.

Warga yang sempat memberikan kesempatan rumahnya sebagai tempat menginap TNI mengaku merindukan para pasukan berseragam hijau ini.

"Suasana di rumah tiba-tiba akan menjadi sunyi, terutama anak-anak merindukan para tentara yang sudah dianggap seperti keluarga sendiri," ujar Nurbianti Warga Kampung Air Kalam. Senin (12/11)
Nurbianti mengatakan banyak kenangan membahagiakan keluarganya bersama para anggota TNI ini, apalagi kata dia ketika sedang masak.

"Biasanya kalau bapak sudah dekat mau pulang dari kegiatan mancing, anak-anak dan tentara menunggu di dapur untuk membakar ikan hasil tangkapan," ujarnya.

Kata dia kehadiran para tentara ke  Kampungnya bagaikan pembawa keceriaan ditengah kesunyian. Keakraban yang dibalut dengan canda tawa telah membakar semangat masyarakat untuk bersama-sama dengan TNI.

"Anak-anak desa kami sebagian besar bercita-cita ingin jadi tentara," ujarnya.
Begitu juga dengan Rony Saputra Wali Kampung Air Kalam  yang terkenal aktif bersama dengan para TNI dalam kegiatan TMMD. Meski mengaku sedih karena Kampungnya kembali sunyi setelah kepergian para pasukan dia mengaku bangga.

"Saya bangga dengan hasil karya para bapak-bapak TNI," ujarnya.

Rony berharap agar kegiatan TMMD kembali dilaksankan di Nagari Lakitan Khususnya Kampung Air Kalam pada tahun-tahun mendatang, bekerjasa dengan pemerintah daerah membangun desa tertinggal.

"Meski itu tinggal anak dan cucu yang bersama-sama dengan mereka membangun daerah," ujarnya. 
 
Top