N3,Sarolangun ~ Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sarolangun,Kamis (1/11/2018) menggelar sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif dalam rangka pemilihan Umum DPD, DPR,DPRD Provinsi,DPRD Kab/Kota sertaserta Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019.

Sosialisasi ini dilaksanakan sebagai upaya mengajak keterlibatan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Sarolangun untuk terlibat dalam rangka pengawasan jalannya proses Pemilihan Umum (Pemilu).

Dalam laporan Ketua Panitia Andra Ade Putra menyebutkan,sosialisasi ini diikuti oleh elemen masyarakat dan OKP serta perwakilan Partai Pokitik.Dimana sosialisai ini sebagai wadah dalam penguatan pengawasan Pemilu tahun 2019 dengan mengajak warga agar sadar Pemilu.

Ketua Bawaslu Sarolangun Edi Martono,SE yang sekaligus membuka acara sosialisasi ini dalam sambutannya mengatakan,Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 nanti merupakan tanggung jawab kita semua karena menurut survei Kabupaten Sarolangun merupakan salah satu Kabupaten yang rawan Pemilu.Di Provinsi Jambi,Kabupaten Sarolangun peringkat ke 4 untuk kerawanan Pemilu.

“Peran dari semua elemen masyarakat sangat diharapkan dalam rangka pengawasan jalannya proses Pemilu. Dengan harapan proses demokrasi yang akan dilaksanakan nanti berjalan sesuai dengan prinsip demokrasi, agar Pemilu semakin berkualitas,” kata Edi Martono, Ketua Bawaslu Sarolangun.

Edi Martono,SE juga mengatakan, sosialisasi ini juga sebagai tindakan pencegahan dari terjadinya pelanggaran-pelanggaran Pemilu di Kabupaten Sarolangun sehingga Pemilu dapat dilaksanakan secara aman tertib, lancar dan damai.

“Saya berharap masyarakat bisa mengawasi penyelenggaraan Pemilu, misalnya pada tahap pemuktahiran data, verifikasi faktual, jadi ketika ada informasi yang ingin disampaikan pada Bawaslu, pada prinsipnya kami selalu terbuka. Bahkan kalau ada yang ingin dilaporkan, kami juga siap,”pungkasnya. (SRF)

 
Top