N3 Payakumbuh - Dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang regulasi rumah tidak layak huni (RTLH), pemerintah kota Payakumbuh melalui dinas perumahan rakyat dan kawasan permukiman menggelar sosialisasi peraturan perundang-undangan di bidang perumahan, di Aula sanggar kegiatan belajar (SKB) Padang Alai, Kamis (4/10).

Walikota yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Syahril menyampaikan bahwa penyediaan perumahan yang layak merupakan tanggung jawab pemerintah. 

"Penyediaan perumahan yang memenuhi prinsip-prinsip layak dan merupakan tanggung jawab pemerintah tidak hanya dalam penyediaan perumahan dalam bentuk pembangunan baru, namun juga sangat perlu memperhatikan keberadaan RTLH di kawasan perumahan dan permukiman masyarakat, " ujar Walikota. 

Kemudian, Walikota menambahkan,"Agar tidak menjadi lingkungan dan kawasan kumuh di masa datang, maka keberadaan RTLH terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah wajib ditingkatkan kualitasnya, ditata dan dibenahi penyediaan dan pengelolaan prasarana, sarana, dan utilitas lingkungannya secara memadai, "harapnya kemudian. 

Di akhir sambutan, Walikota juga berharap agar para peserta dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan baik. 

"Kepada para peserta, kami harapkan untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, mengingat sosialisasi ini sangat penting. Para peserta terutama para lurah, merupakan ujung tombak dalam keberhasilan mewujudkan rumah layak huni di masyarakat, " harap Walikota. 

"Bahkan, kalau perlu tidak hanya rumahnya yang kita perbaiki, namun ekonominya juga mesti kita benahi, " pungkasnya mengakhiri. 

Sementara itu, panitia penyelenggara Tegrasia Nita melaporkan bahwa kegiatan yang bertema "Melalui Sosialisasi Penguatan Pemahaman Mekanisme Pelaksanaan Bantuan Stimulan Peningkatan RTLH, Kita Wujudkan Penyediaan Rumah Layak Huni Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah di Kota Payakumbuh", tersebut diikuti oleh 56 orang peserta. Sedangkan narasumber berasal dari Dinas Perkim sendiri. 

Hadir pada kegiatan tersebut, Kadis Perkim, Martha Minanda, Sejumlah pimpinan OPD, Camat, lurah, hadirin dan undangan lainnya.  Acara juga dimeriahkan pembagian doorprize persembahan Bank BNI KCP Payakumbuh.(Rahmat Sitepu)
 
Top