Kelompok seni budaya  tradisonal dari SMP N 5 Lengayang lakukan latihan tari Penyambutan dan taring Piring  hingga kucurkan keringat dalam rangka menyambut rombongan Gubernur Sumatera Barat di pembukaan TMMD/N ke-103 Kodim 0311/Pessel tahun 2018 yang akan digelar pada senin 15 Oktober 2018. Minggu (14/10)

Kelompok Tari SMP N 5 Lengayang terus melaksanakan Latihan, setelah mendapat kehormatan ditunjuk oleh pihak Kecamatan Lengayang untuk ikut dalam penyambutan pada upacara pembukaan TMMD/N

Tari penyambutan serta Tari Piring sendiri merupakan kesenian Minang Kabau  sebagai budaya warisan leluhur.

Kelompok  kesenian tradisional SMP N 5 Lengayang yang dikoordinatori oleh Ibu Armida S.Sn. M.Pd yang keseharian berdinas di SMP N 5 Lengayang sebagai Guru Kesenian serta pembina Osis beranggotakan 30 orang, terdiri dari penambuh Gandrang 6 , talempong 3, carano 6, suling 1, 10 orang sebagai penari piring dan pengawal 6. 

Dalam kegiatan sesi latihan, kelompok tari kesenian sudah langsung  setting tempat agar pada pelaksanaan besok dapat tampil maksimal, dengan diiringi alunan musik gendrang  dan Piring, para penari yang terdiri dari pemuda dan pemudi  ini berlenggak lenggok menari.

Armida mengatakan meski sudah sering tampil diacara acara, namun mereka tetap latihan agar penampilan pada saat Pembukaan TMMD/N tidak ada kesalahan. Ungkapnya Armida.

Sumber : Kodim 0311/Pessel
 
Top