MAGELANG - Bertempat di ruang kelas SMP Trisula Muntilan, Babinsa dan Babinkamtibmas berikan penyuluhan mengenai bahaya Narkoba kepada siswa-siswi SMP Trisula Muntilan, Kamis ( 11/10 ).

Kegiatan penyuluhan Narkoba ini merupakan salah satu dari serbuan Territorial yang dilaksanakan oleh Polsek dan Koramil dalam rangka menyelamatkan remaja dari kenakalan dan Narkoba. Kegiatan penyuluhana yang diikuti oleh 80 siswa - siswi tersebut, disambut baik oleh pihak sekolah, mengingat Narkoba merupakan kejahatan besar yang dapat merusak generasi penerus bangsa.

Untuk itu pihak Koramil dan Polsek serta pihak Puskesmas setempat menyelenggarakan kegiatan penyuluhan tersebut dengan tujuan untuk memberikan pemahaman dan pengertian mengenai bahaya penyalahgunaan Narkoba, mengingat peredaran Narkoba di masyarakat sangat meresahkan.Dalam hal ini di sampaikan dari Kepala Puskesmas Muntilan 2 bapak Dr Arip bahwa saat ini jaringan pengedar Narkoba tidak hanya menjadikan orang dewasa sebagai target pengguna Narkoba, namun juga menjadikan anak - anak sebagai target peredaran Narkoba. Apalagi saat ini para sindikat pengedar Narkoba semakin cerdik dalam melancarkan aksinya, salah satunya dengan cara mencampur Narkoba ke dalam jajanan seperti permen dan lainnya kemudian mengelabui anak-anak untuk mengkonsumsinya. 

Oleh sebab itu, peran pihak sekolah dan orang tua sangat penting dalam mencegah peredaran Narkoba. Dia juga menambahkan agar Guru dan orang tua murid dapat lebih aktif mengawasi anak-anaknya, terutama saat diluar jam sekolah. Adakan pendeketan dan berikan terus pengertian mengenai bahaya Narkoba sehingga anak akan mengerti dan memahami serta menjauhi Narkoba.

Pada kesempatan yang sama dari anggota Koramil Muntilan Serda Gunawan juga menyampaikan bahwa untuk pemberantasan masalah Narkoba tidak boleh lembek. Dan dengan adanya kegiatan penyuluhan tersebut, diharapkan kesadaran pelajar dan wali murid/orang tua mengenai bahayanya. Ketika mengetahui ada tindakan yang mencurigakan baik itu dilingkungan sekolah atau dilingkungan tempat tinggalnya, agar melapokan kepada pihak berwajib, sehingga kejahatan Narkoba dilingkungan sekolah dapat ditangkal.

Kepala sekolah dan para Guru mengharapkan, dengan adanya penyuluhan ini mampu mencegah kejahatan Narkoba khususnya dilingkungan sekolah, dan masyarakat pada umumnya, sehingga anak-anak dan remaja yang merupakan generasi penerus dan calon-calon pemimpin bangsa dapat hidup sehat dan berprestasi tanpa Narkoba, mari kita selamatkan generasi penerus bangsa demi kejayaan Negara Republik Indonesia.
 
Top