N3 Payakumbuh – Kedatangan Ustad Abdul Somad (UAS) untuk kedua kalinya di Kota Payakumbuh, Selasa (16/10) mendatang, diprediksi akan mendapatkan perhatian dari masyarakat Kota Payakumbuh dan sekitarnya. Jumlah massa yang akan melihat ceramah ustad kondang itu juga diperkirakan akan membludak. Diperkirakan, tempat dilangsungkannya acara itu tidak akan mampu menampung luapan massa.

Dari rencananya, UAS akan berceramah di Mesjid Al-Mittaqin, Kelurahan Tanujung Pauh, Kecamatan Payakumbuh Barat, yang diundang oleh masyarakat setempat. Rencana kedatangan UAS itu langsung direspon Walikota Payakumbuh Riza Falepi, dengan menurunkan seluruh OPD untuk mendukung suksesnya acara ini. Bahkan dirinya sengaja mengundang seluruh Forkopinda dan panitia untuk mendiskusikan segala kekurangan dan hambatan yang dihadapi, Selasa (9/10), di ruang rapat Walikota Payakumbuh.

Dalam rapat itu, hadir jajaran dari Kementerian Agama, Kepolisian, Satpol PP, Pariwisata dan pihak lainnya. Disini walikota Payakumbuh mengecheck segala persiapan dan kesiapan panitia serta petugas keamanan acara. “Saya prediksi, ceramah Ustad Abdul Somad akan menbludak. Lokasi ceramah juga tidak terlalu besar. Jadi saya butuh musyawarah seperti ini agar acara itu bisa berjalan sukses,” ujar Riza Falepi.

Selain itu, Riza juga mencheck kesiapan inventaris seperti tenda, pengeras suara, layar lebar, karpet, penerangan, tempat berwudhu dan areal parkir. Termasuk kesiapan pihak kepolisian dan satpol PP untuk mengamankan acara. Setelah mendengar paparan dari masing-masing penanggung jawab dan panitia, persoalan yang penting sudah bisa terselesaikan. Hanya tinggal persoalan kecil yang bersifat teknis dilapangan yang perlu diantisipasi saat acara berlangsung.

“Dari pemaparan yang saya dengar, berarti semuanya sudah clear. Yang belum hanya kondisi jalan yang becek jika ada hujan nantinya. Itu akan diantisipasi dengan menutup lubang-lubang jalan yang berlumpur. Ini hanya persoalan kecil yang sifatnya nanti dilapangan saja. Saya siap total untuk membantu acara ini. Buktinya, seluruh tenda yang ada di OPD saya kerahkan seperti tenda di Dinas Pariwisata, Pasar dan BPBD. Pasalnya, kalau acara ini tidak sukses yang akan malu bukan panitia saja. Tapi seluruh masyarakat Payakumbuh. Makanya saya siap total untuk membantu panitia agar acara kedatangan Ustad Abdul Somad bisa sukses,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Acara AK. Dt. Asa Dirajo, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan pemerintah Kota Payakumbuh untuk menyukseskan acara kedatangan UAS ini. “Terima kasih banyak pak wali dan jajarannya. Tanpa bantuan seperti ini, kami selaku panitia akan kebingungan karena ide ini berawal dari tokoh Tanjung Pauh dan direspon positif oleh UAS. Sehingga UAS bersedia datang ke Tanjung Pauh. Kami tidak berfikir sepanjang itu. Sekali lagi kami dari panitia pelaksana dan seluruh masyarakat Tanjung Pauh mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada walikota dan jajarannya,” ucapnya. (Rahmat Sitepu)
 
Top