Payakumbuh Kembali Raih Prestasi Nasional Pakarti Madya I

N3 Payakumbuh - Kota Payakumbuh kembali mengukir prestasi tingkat nasional yaitu Pakarti Madya I, dalam lomba PKK kategori Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K)/Pokja 2. Penghargaan yang diterima Ketua TP PKK kota Payakumbuh, Hj. Henny Yusnita, diserahkan Ketua TP-PKK Pusat, Erni Guntarti Tjahyo Kumolo, dalam sebuah acara spektakuler di depan ribuan ibu-ibu PKK seantero negeri, berkumpul dalam sebuah iven nasional peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-46 dan Jambore Nasional Kader PKK Tahun 2018 di Hotel Mercure, Jakarta, Rabu (3/10/2018) malam.

Keberhasilan UP2K kota Payakumbuh meraih prestasi nasional, setelah beberapa waktu lalu, tim penilai pusat melakukan kunjungan penilaian lapangan dan evaluasi ke UP2K Cemerlang, Kelurahan Koto Tangah, Kecamatan Payakumbuh Barat, yang mewakili Provinsi Sumatera Barat pada Selasa 14 Agustus 2018 silam.

Tim penilai yang dipimpin Sri Anak Agung dari TP PKK Pusat bersama anggotanya Hari Panji dari Direktorat Jendral Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri pada waktu itu terkagum-kagum melihat kiprah dan keberhasilan UP2K Cemerlang dalam merintis dan mengembangkan sejumlah usaha keluarga pada kelompok mereka.

Ketua TP- PKK, Hj. Henny, usai menerima penghargaan tersebut mengucapkan syukur dan apresiasi kepada UP2K Cemerlang Kelurahan Koto Tangah. Hj. Henny mengatakan kelompok UP2K Cemerlang sebenarnya terbilang cukup mandiri dan sukses dalam menjalankan berbagai kegiatan usahanya.

"UP2K Cemerlang bisa dikategorikan mandiri dan memiliki 12 jenis usaha yang semuanya maju dan berkembang, di antaranya usaha makanan khas lokal seperti Rakik Kacang,  Kerupuk Lento, dan Karabu Saga. Ada juga usaha produk bed cover/sprei dan gorden serta ternak kelinci, yang pemasarannya tidak hanya di Payakumbuh dan Sumbar bahkan juga sampai ke provinsi tetangga. Dan kita juga salut, dari modal awal Rp. 2 juta hingga tumbuh menjadi Rp. 1.5 Milyar," papar Hj. Henny.

Disamping itu menurut Hj.Henny, kesadaran masyarakat di Kelurahan Koto Tangah terbilang cukup tinggi dalam hal pemanfaatan pekarangan, rata-rata dapat memberikan income mencapai Rp.500 ribu per bulan. Dan pasti dapat menambah pendapatan keluarga itu sendiri, dengan fakta dan kondisi itu menjadikan Kelurahan Koto Tangah bersama UP2K Cemerlang-nya pantas untuk menjadi yang terbaik di tingkat Nasional.

Dan juga Ketua TP PKK mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kota Payakumbuh, pengurus TP PKK kota hingga kelurahan serta semua pihak yang telah membantu menyukseskan keberhasilan UP2K Cemerlang Kota Tangah meraih prestasi nasional, Pakarti Madya I. (Rahmat Sitepu)
Previous Post Next Post